Pengaruh Knalpot Penyok Terhadap Performa


knalpot penyok 0

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tentunya kita pernah mendengar, bahkan mungkin mengalami kejadian bagian bawah motor mentok polisi tidur. Maklum kadang polisi tidur dibuat terlalu tinggi (tidak sesuai aturan). Atau mungkin motor kita yang terlalu pendek, bisa karena memang bawaan pabrik sudha pendek (seperti cs1) atau akibat modifikasi low rider. Sehingga terjadi benturan antara bagian terbawah dari motor dan polisi tidur tersebut.

Dan yang paling sering terkena poldur lebih dahulu adalah leher knalpot, sehingga sering penyok baik sedikit atau banyak. Ada rider yang cuek saja dengan kondisi ini, tapi ada juga yang cukup kritis mensikapinya. Dan pertanyaan yang biasanya muncul adalah :

” Apakah jika leher knalpot penyok akan mempengaruhi perfroma engine ?”

Untuk mengetahuinya mari kita lihat hasil pengujian engine 8 silinder di laboratorium berikut ini

Saat knalpot masih utuh

knalpot utuh

Performa yang tercatat adalah sabagai berikut

knalpot penyok performa

Tercatat torsi 528.2@4900 sedangkan powernya menjadi 559.8 @5800 rpm.

Knalpot rusak/Penyok Parah

Kemudian header knalpot sengaja dirusak, dipukul dengan palu godam sampai penyok parah.

knalpot utuh dipenyokin

Dan lihat penampilan knalpot penyok parah ini.

knalpot penyok

Kemudian pengukuran performa dilanjutkan, dan inilah hasil pengukurannya

knalpot utuh performa

Terlihat di garfik hasil pengukurannya  torsinya 526.2 Nm @4900 rpm sedangkan powernya 558.8 hp @6300 rpm. Perbandingannya dengan kondisi awal dapat diliihat pada tabel berikut

knalpot penyok performa komparasi

Ternyata benar mas bro, terjadi perubahan, yaitu penurunan performa. Akan tetapi perubahan yang terjadi yang disebabkan oleh penyoknya knalpot, tidak signifikan. Sangat kecil, bahkan tidak sampai 0.5% dari performa awal. Jadi bagi rider yang kebetulan knalpotnya penyok, nggak usah khawatir, karena performa tidak terlalu terasa perubahannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

Yang mau lihat videonya bisa mampir ke sini

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 28/01/2016, in Motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. kalo motor jadi berapa yo… knalpotku malah muni sreng sreng…

    Mengatasi lensa kamera HP yang buram: http://wp.me/p1eQhG-1wi

  2. Mahmuddin Nurul Fajri

    klo di motor yang cuma 16 HP terjadi penurunah performa 0,13% benar2 tak berasa…

  3. Ga sadar dosa kita sperti pemerkosa ibu sendiri….https://yudhistira2227.wordpress.com/ ,

  4. Kalo kondisi mesin standar, ambil contoh saja Shogun 125cc punya saya diganti leher knalpotnya dgn diameter pipa yg lbh besar kira2 nambah 5mm.. Pengaruhnya gimana ‘Om Gokil ? Tx

  5. @yudhistira, kredit motor riba nggak?

  6. Nah saya ikutan nanya juga dong pak dosen?

    Kira2 kenapa performanya bisa turun, torsi max turun 0,38% dirpm yg sama sedangkan power max turun 0,18% tp dirpm lbh tinggi.

    1.apa yg sebenarnya terjadi?
    2.Apa saja kesimpulan yg bisa kita ambil?

    • kalau menurut ane
      dengan adanya penyokan tersebut, maka luas penampang berkurang
      sehingga pada rpm tinggi yang mengandalkan efek scavenging menjadi terganggu, karena ada sedikit back pressure
      pada saat itu ve turun sedikit, sehingga powernya juga turun

    • Ane sependapat dgn ente bro gokil soal penurunan power.
      Sedikit menambahkan, Penurunan torsi terjadi krn bentuk permukaan pipa yg bergelombang menyebabkan terjadi turbulensi shg gas buang tertahan saat langkah buang.

  7. tapi untuk motor 2 tak (knalpot racing), penurunan performa terasa banget (memang tidak dilakukan pengukuran) padahal yg penyok bagian perutnya. bahkan pernah lagi betit gas silincernya patah dan jatoh motor lansung seperti tertahan

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: