Aplikasi Ban Depan Belakang Ukuran 90/80-100/80 pada Satria FU Injeksi
Posted by motogokil
Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan
Performa satria fu 150 fi memang tidak perlu diragukan lagi (silahkan mencobanya). Akan tetapi besarnya performa jika tidak dibarengi dengan kontrol yang baik sangatlah membahayakan. Salah satu elemen pengontrol performa sebuah sepeda motor adalah ban. Dan ban satria fufi ini (menurut motogokil) tidak proporsional jika dibandingkan dengan performanya.
Seperti yang pernah motogokil tulis dalam artikel lawas tentang satria fu (karbu), dengan power 16 ps, penggunaan ban ukuran depan-belakang ukuran 70-80 kurang pas. Bahkan sangat riskan, karena lebar tapak yang sangat minim, untuk motor dengan power 16 ps. Bandingkan dengan mx king, new vixion, r15, old/new cb150, supra gtr150 yang memiliki tapak ban jauh lebih besar. Apalagi sekarang satria fufi mengusung engine dengan power lebih besar lagi, yaitu 18.5 ps, sementara ukuran ban masih sama dengan versi karbu, jauh lebih berbahaya lagi.
Beberapa kali saat menikung, jika tidak pandai pengatur putaran gas, ban belakang mudah selip. Ban depan juga terlalu kecil sehingga saat kecepatan tinggi, agak liar. Oleh karena itu motogokil mencoba konfigurasi ban dengan ukuran lebih besar, kebetulan kok nemu ukuran 90/80-17 (depan) dan 100/80-17. Penampakan secara keseluruan, kaki-kaki menjadi lebih kekar, lebih gagah, nggak cungkring lagi.
Karena masih menggunakan velg standar, ban menjadi lumayan bulat, tapi nggak masalah. Dan ketikan diajak lari, akselerasinya terasa hampir sama. Hal ini menunjukkan power satria fu fi memang benar-benar sangar, ban belakang naik 2-step pun, akselerasi tidak terasa ngedrop. Akibat sampingannya cukup berbahaya, sekarang laju motor lebih kencang (pada putaran engine/rpm yang sama) dibandingkan saat menggunakan ukuran standar. Kira-kira perbandingan menjadi seperti ini
Kecepatanya naik sekitar 4,xx kpj. Tapi itu tergantung dari bobot rider, kalau ridernya berat ya malah tambah lemot, dan kemungkinan besar topspeednya malah turun. Lagian siapa juga yang mau bawa motor bebek/ayamjago kencang-kencang, sampai 150 kpj, mau cari mati ?
Sementara itu, aplikasi ban lebih lebar pada roda depan, sedikit meningkatkan traksi ke aspal. Mungkin karena secara keseluruhan berat roda bertambah, berat dan bidang sentuhnya juga bertambah lebar. Atau bisa juga akibat compund ban yang lebih soft, sehingga lebih nge-grip ke aspal. Pada kecepatan tinggi terasa lebih anteng dan stabil, serta meningkatkan rasa percaya diri saat coenering.
Berikut ini penampakan close-up dari roda satria fufi setelah mengaplikasikan ban lebar dengan velg standar.
Semoga bermanfaat terutama bagi rider/owner satria fufi, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.
About motogokil
I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.Posted on 20/10/2016, in Motorcycle and tagged 100/80-17, 90/80-17, ban lebar, saifufi, satria fu 150 FI, satria fufi, si belang, SIS, suzuki. Bookmark the permalink. 35 Komentar.
Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar Batalkan balasan
This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.
Keren fu nya brow
Wah ternyata masih muat yah fufi pake 100/80 buat belakang, oke lah ntar ganti juga 😀
udah ukuran paling atas buat velg standarnya..
Baru aja td siang liat rider bawa fu karbu, hard braking sampe ngepot hampir jatuh n nabrak mobil. Untung ga sampe celaka..
Bener banget, ban kecilnya itu bahaya kalo ga jago yg riding.
gawe ban merk opo sam? tak zoom ga ketok
fdr sport xr evo
Andai pabrikan dableg budeg suzuki bikin ayago kekar kaki2 plus velg lebar pastilah sangar plus buritan lancip kek mx king pastilah handling yahud top….!!!!!
Sayang cungkring ngleyang pas sekali…!!!
@Pak Dosen
Yth;
Lho dulu bukanya anda bilang gak kenapa2 montor mesin laki body cungkring ngleyang berbahaya…???
Lha wong pake grand bore up cungkring lewat jalur pantura gak kenapa2 jg..???
Kenapa pak..???
Ketakutan ya hampir cilaka gara2 naik montor cungkring ngleyang mpe upgrade kaki2 segala..???
Mosok ludahnya diijilat sendiri pak…???
Yo wes kalo sadar bagus malah..!!!!
Hati2 jangan kebut2an plus bleyer2 gak jelas ya pak, ingat umur dah diatas ndas telu mana kemarin2 bawa anak pula…!!!
Anak lebih penting karna punya nyawa..!!!
Paham kan….???
gak ada yg bilang begitu waktu CBSF Old ama Sonic kluar…
:v
masa sih ? jangan2 ente salah baca atau salah inget ? hati2 habis ini ente yang jilat ludah sendiri di komen ini
kalau masalah hati2, jelas wajib,
kalau masalah ngebut, kalau kepepet saja
ingat umur ? semua juga harus ingat umur termasuk ente, masalah mati nggak pandang umur, juga nggak pandang siapa, ente bisa juga mati sebentar lagi
masalah nyawa, mati sudah ada suratannya, yang penting kita berusaha dan berdoa agar selamat
kita tunggu, siapa yang mati duluan,
gimana, faham dengan tulisan ini ???
Jadi tertarik mau minang fu fi ke rumah, , ada keluhan gak pak selama pakai nih fu fi ?
keluhannya cuma paling boros diantara 150 cc fi (maklum powernya paling gede)
masalahnya tangkinya kecil, jadi harus sering mampir ke spbu
Mungkin bisa dibuat artikel (Grounded Theory) tentang bagaimana cara melakukan modifikasi agar motor satria fufi lebih hemat.. 🙂
Mirip processor lho pak.. untuk mendapatkan kecepatan Processor (GHz) yang lebih tinggi, diperlukan daya listrik (watt) yang lebih besar, tapi itu prinsip lama. Kini, processor yang lebih baru bisa mencapai kecepatan yang sama tapi dengan daya yang lebih kecil, lebih efisien, lebih dingin.
lebih dingin, lebih efisien dikarenakan dalam proses perubahan energi pasti menghasilkan panas, dan panas inilah yang coba diminimalisir mereka (int**). Untuk (motor) saat ini proses pendinginan masih mengandalkan air radiator/ oil cooled.
Hal tersebut pasti akan memberikan kontribusi besar di dunia permotoran. Terimakasih
sebenernya bisa sih, pendingin mesinnya bukan cairan, tapi suhu panas langsung dihisap oleh transducer thermoelectric, energi panas diubah menjadi elektrik kemudian diisikan ke batrai sekunder. Nah saat berakselerasi power dari motor dc digunakan untuk menambah power engine, sehingga bbm yang digunakan engine lebih sedikit
Oli fu fi pake apa pak??
Berpa persen perbandingan nya. Dengan sonic pak
Wah sip, itu masih bisa naik lagi atau sudah maksimal ?
https://dnfmagz.wordpress.com/2016/10/21/all-new-cbr150r-jatuh-90-derajat-kok-mesin-gak-mati-sih/
dah maksimal naik 2 step dari std
kalau mau lebih, pakai veld nya new cb150r, tambah mantab
pake corsa r46 soft lbh mantep sam, harga sama. ato r99 yg medium.
ok
velgnya bagus gan, pakai velg apa tuh ?
saya jg ada rencana untuk upgrade ban dgn ukuran depan-belakang 90/80-100/80, nunggu stnk turun dulu. untuk ban standarnya memang cukup bandel apalagi kalau kondisi jalan basah gampang ngecot (pengalaman). Pake michelin cocok nda yah hehe
Boljug tu, pengen coba ah, nabung dulu buat beli bannya,
ban depan mentok spartbod gak bro??
soalnya pengalam Fu lama kalo ganti ban depan segede gitu mentok spartbord jadi harus atur dudukan lagi,,
Nggak bro
Harga dan merk ban mohon detailnya gan
Ad yg bilang boros? Hehe lucu. Ane kudus-malang cuma full tank 2 kali (-+ 8 ltr). Jarak malang kudus +- 345 km.. masih ad aja yg bilang boros
xr evo
itu yang ban depannya ukuran 90/80 apa gak mentok spakbor depan ya ? saya pake ukuran yg sama kok kena spakbor ya ? sama2 FU padahal, ada saran biar gak mentok ?
terima kasih 😃
wah fufi ane nggak tuh
Spakbor depan nya muat gak tuh pke ukuran ban 90/80?
Gak ngenain ban?
Spakbornya masih standard kn?
spakbor depan standar, ban 90/80 masih muat bro
Itu banya tubeless atau biasa om trima kasih
tubeless
Dana abis brapa gan????
Mantep gan, lebih gagah ja yaa
Numpang nanya nh gan, nh satria ane kmren stangnya aga berat, otomatis dibwa nikung jg aga oleng pas ngerem depan jga kn yaa.. ane bwa kebengkel ktanya udh susah, dia seting ktanya udh tengah2 nh, ohm stirnya kena, ntar klo kenceng mlh berat, kendor malah oplak ktanya, jdi tengah2.. tp ttp ga enak dibawanya, pas kna lubang pa ngerem depan berasa kya oplak gtu.. mesti ganti ni mh katanya ohm stirnya.. emng kendalanya disitu ohm stirnya aga boros katanya.. emng bener gan, apa saking org bengkelnya kurang teliti ya benerinnya..
kalau nggak pernah kecelakaan, harusnya permasalahan hanya di sekitar bearing bawah atau atas triple clamp
tapi kalau pernah nabrak parah, barangkali triple clamp nya minta di-senter dulu di bengkel press body
sementara itu dulu yg bisa ane bantu jawab, cuma itu yg ane tahu
kalau ane belum pernah ngalami yg seperti itu