Jika Ridernya Orang Indonesia, Top Speed Satria FU 150 FI Bisa Lebih dari 150 KPJ


topspeed satria fufi on street aleix

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Daya tarik terkuat yang akan dijadikan jargon penjualan satria fu 150 fi (satria fufi) adalah performa (power/torsi) dan juga topspeed nya. Dan memang tidak terbantahkan lagi, bahwa secara spesifikasi brosur, satria fu fi berada di atas motor bebek super di kelasnya. Bahkan performa satria fu fi berada di atas motor sport merek lain dengan harga yang jauh lebih mahal.

Dan lebih dahsyatnya lagi (kalau tidak bisa dikatakan berbahaya) adalah satria fu fi dapat mencapai topspeed yang lebih tinggi dari yang diiklankan. Padahal (seperti yang terdapat di gambar judul) topspeed satria fu fi mencapai 150 kpj (versi speedometer) yang diraih oleh aleix espargaro. Bagaimana bisa seperti itu, mari kita diskusikan…

Pada saat motor di jagrag tengah, topspeed yang dicapai satri fu fi adalah 178 kpj. Lihat gambar ini

topspeed satria fufi on jagrak

Artinya jika tidak diberikan beban (rider) dan rugi-rugi (drag force dan lain-lain), maka satria fu fi dapat melaju dengan kecepatan 178 kpj, pada gigi-6 di 13000 rpm. Nah sekarang kita lihat akurasi pengukuran speedometer satria fu fi ini dengan membandingkan hasil pengukuran di speedometer dengan hasi perhitungan berdasarkan rasio dan rpm.

satria-fu-fi-topspeed-gear-rpm std ok

Menurut perhitungan rasio dan rpm, pada gigi-6, 13000 rpm, topspeed satria fu fi adalah 170.933 kpj. Sehingga penyimpangan dari speedometernya sekitar 4.1%, wuih lumayan akurat mas bro. Berarti kecepatan riil dari satria fu fi aleix espargaro adalah sekitar 143.8 kpj, mantaf kan.

Dan kecepatan ini masih bisa bertambah jika rider Indonesia yang jadi jokinya. Sekarang perhatikan grafik kurva dari power dan torsi satria fu fi ini

00 Satria_Fu_FI vs Sonic150r vs mxking power-torque grafic

Kemudian perhatikan speedometer satria fu aleix

topspeed satria fufi on street aleix

Putaran engine (sepertinya) mentok di 11200 rpm (nggak begitu jelas), padahal engine masih mampu berputar lebih tiinggi lagi. Karena jika melihat kurva powernya, pada 13000 rpm penurunan power tidak teralalu besar (sekitar  2 ps). Jika dibandingkan dengan peak power sonic150r, maka power satria fu fi pada 13000 rpm masih di atas power maksimum sonic150r, atau sekitar 16.1 ps. Jadi masih sangat kuat untuk berakselerasi, lalu mengapa aleix cuma dapat 150 kpj ? Beberapa alasannya adalah :

  1. Berat badan aleix espargaro 71 kg, cukup berat
  2. Tinggi badan aleix espargaro 180 cm, lumayan memberikan tambahan koefisien drag
  3. Mungkin suzuki masih mempertimbangkan keselamatan konsumennya sehingga topspeed pada iklan dibatasi.

Nah sekarang jika ridernya orang Indonesia yang relatif kecil, dengan berat badan 55-60 kg, dan tinggi 160-170 cm tentunya, pwr semakin besar dan rugi-rugi drag force-nya semakin kecil. Dengan kondisi motor dan engine yang sama persis dengan motor satria fu fi aleix espagaro, topspeed akan lebih tinggi. Apalagi jika sang rider menambahkan beberapa bagian depan dengan fairing agar koefisisn drag lebih kecil (layaknya motor full fairing), maka topspeed akan naik lagi.

Yang paling mengerikan adalah jika ridernya hanya berbobot 50-55 kg. Kemudian rider merasa torsi masih terlalu besar (reduksi terlalu ringan) karena bobot enteng, maka pwr-nya besar. Selanjutnya rider mengganti gir depan dengan ukuran 15 dan belakang dengan 36. Maka topspeed nya bisa  mencapai 193 kpj (gigi-6, 13000 rpm), ninja 2tak juga akan kesulitan mengejarnya. Dan topspeed ini dengan kondisi engine masih standar ting-ting, lalu bagaimana jika ganti filter-knalpot racing, lift camshaft dinaikkan, dll ???

Saran dari ane, demi keselamatan… kalau jadi naik satria fu fi ini, jangan lupa berdo’a, agar Allah SWT menyelamatkan kita di perjalanan. Jangan sekali-kali mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, bahkan kalau bisa diganti dengan yang lebih besar (seukuran dengan ban-nya mx king). Dan harus percaya diri, yakinlah bahwa motor satria fu fi ini paling kencang di kelas 150cc (mungkin banyak rider lain juga sudah tahu), oleh karena itu tidak usah terpancing untuk adu kencang/kebut di jalan. Percuma juga menang, lha memang secara spek paling kencang.

Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 17/02/2016, in Motorcycle and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 95 Komentar.

  1. wasem… Aleix iso 150 kpj… 😯

    Terlalu berlebihan pada produk baru: http://wp.me/p1eQhG-1zp

  2. cbr thai karbu juga gede juga lumayan tuh 18.98ps

  3. 150kpj ? pake ayago yg berat entteng apa ga ngeri sendiri ?? okelah di sirkuit pasti bisa.. ah di jalanan ?? jamin ga stabil blas..

  4. Tachibana Rider

    jasik iku standar kinyis”!
    ..
    gak perlu susah payah bongkar mesin,, cukup lepas limiter ae udah go to heaven!
    😀

  5. jualan yg cuma dpt ms 1,…. eh jualan gak untung lg,demi jaga gengsi.
    ciri perusahaan yg gak sehat. klo dah gitu tunggu saja tumbangnya.
    th lalu saja sdh rugi, ditambah acara jualan fi yg gak balik modal…..sampe kpn bs bertahan.
    pembuktian yg real ya di lapangan, dmn banyak faktor ikut mempengaruhi .bukan cuma power saja pertimbangan orang beli motor

    • Tachibana Rider

      klo smpe kolaps gak deh… kn sijuki disupport indomobil nya
      ms roda 4 msh oke kok… menurut ane sih 😀

    • Minta bantu pemerintah aja ntar jualin..
      Astra dulu jg gitu masuk BPPN sebelum dijual..
      Seleksi alam ala world new order aja 😀

    • Jarwo@ambil hikmahnya aja bro,,berarti sijuki baik hati,,mau jual rugi,,makanya beli wo jarwo..
      Hari gini masih percaya ada yg jual rugi,,yg ada untung dikit ama untung gueedee,emangnya ada to pedagang mw rugi,,,,bc kok ra mutu..
      Vekokkkk²

    • Sijuki yg jualan,nih jarwoo yg saywhatt the faka..vekokkkkk²

    • Trus ayago sesembahanmu jualan irit gtu woo,,
      Emange klo adrenalin udah di ubun2,,uber2an ama ayago sebelah,,,trus lo mw teriak2 ayago gue irit lohh,,. .gkgkgk vekokkk
      Klo adrenalin dah naik,,,jangankan mikirin irit,,nyawa aja udah gk dpkirin..
      Itu realita di jln.woo

  6. Ini tes di sirkuit ya? Ngerik ih.. Sama aja kayaknya, motor bebek, sport, klo dah ngebut mah ngeri, ngeri ban pecah aja

    • Tachibana Rider

      Ban pecah??
      salah ambil spek kalii..
      kn setiap ban ada kode standar buat acuan max speed & max weight yg bisa dijangkau

  7. 33jti tenaga DOHC helo kitty 16hp , kalah sama 21jti yg reAl DOHC 18,2HP,

  8. Motorsport Division

    mudaha mudahan rider yang beli ini gak banyak gaya dijalan. Tiati ah hohoho

  9. tunggu test dyno dulu.
    baru bisa komentar sehebat apa sih satria fu fi ini……. xixixixixixixi

  10. saat ini saja menurut saya satria FU sudah over power untuk motor ayago, dimensi yang “kecil” power besar, ban “kurus” plus pengendara alay sudah cukup jadi paket mematikan dijalanan, sekarang power dinaikkan kalo saya liat ban masih sama dengan sebelumnya, body juga masih imut (untuk ukuran sport) hmmm ngga tau deh nanti dijalanan. saya pernah pakai motor ini (FU karbu) kurang lebih setahun pas kuliah sering PP solo-jogja, saya akui top speed jempolan, tarikan mak nyusss, cuma handling saat high speed yang ancur abiss, kena angin dikt langsung “nggaber” , lebih parah kalo pas hujan. karena pertimbangan itu sa ganti motor batangan merk sebelah 🙂

    • gimana dg bebek 2 tak 115 cc? nggak lebih kejam?

    • belom pernah naik two stroke ye cm Dash ato Tiara? 18hp mah kecil. era 2 tak ayago tembus 25hp. RGR aja bisa dibuat bertekuk lutut apalg cm Ninja 250/CBR 250. gak ada tai2nya itu motor four stroke.

      :v

      • ROY ente pernah bongkar kruk as mesin dua tak trus bandingin sama kruk as mesin 4 tak dgn cc yang sama?

        misalnya:
        rx king 135cc vs njmx 135cc
        tornado, tiara, f1zr vs vega, zupiter, revo, blade dll
        ninja150 series, RGR150 vs vixion, cbr, nmp. verza

        kira-kira kruk asnya berat-an mana?

        • roy mana tau om….taunya dia tornado doang.
          dia gak tau apa2 soal motor, yg penting klo ada posting ttg honda langsung nyolot sotoy.

          • gw gak pernah nimbang sih, yg gw lakukan beli sparepart, kasih ke bengkel pasangin terus minta setting ini itu. kelar.

            ya drpd ente jarwo, ngaku pny shogun tp realitanya gak punya

            mending gw punya beneran

            :v

      • swasanazegger

        saya 2 tak cuma ngrasain sijuki bravo jet kolet 110cc, pespa punya babe 150cc, ama KRR punya temen 150cc juga sebentar doang hehehe jadi ngga bisa bandingin sama motor langka tersebut

  11. Mas gokil, semua laka di atas 40 km/h beresiko fatal, 30-40 luka, <20 luka ringan apapun jenis kendaraanya, Kalo niat edukasi safety, sampein lah seperti itu. Gak usah lah disebut dan diulang2, motor merk ini berbahaya, merk lain gak disinggung, padahal sama2 bisa kenceng kan. Motor merk apapun tahun berapapun, kalo bisa lari di atas 40 km/h adalah berbahaya dan beresiko fatal. Motor adalah kendaraan paling tidak stabil yang bisa kenceng, makanya di luar cuma jadi hobi.

    Just my opinion. sukses selalu

    • itu betul berlaku untuk semua motor, sebenernya bukan cuma untuk satria fu 150 fi juga untuk motor akselerasi tinggi lainnya seperti sonic150r, nvl, beat, jupiter z, abs revo dan lain-lain
      akan tetapi satria fu 150 fi sudah overspec, coba bayangkan bobot tambah enteng, power tambah besar, sementara tapak ban tetap kecil, pastinya akselerasi nendang banget
      yang sering membuat lakalantas (menurut ane) bukan topspeed, akan tetapi akselerasi di jalan umum.
      karena akselerasi, kadang menggoda rider dan melenakan.

      • lebih aksel mana fufi sama sonic ama mx king untuk kondisi lantas Indonesia?

      • tapi om itu tergantung raider nya?

        kalu motor pelan , ngak bisa dibawa kencang,

        tapi kalu motor kenceng, bisa dibawa pelan?

        gitu khan?

      • kalo kita bicara akselerasi yg mengerikan ya jelas Sonice lah bukan FU atau MX King.

        Sonice ban kecil, overstroke dengan gigi rapet. beda jauh ama FU. Jadi kesimpulannya mending beli FU atau MX King donk kalo kecelakaan bukan krn top speed tp akselerasi.

        :v

        • kalau ngegas nya diurut memang sonic terasa lebih nendang
          tapi kalau langsung WOT (gas spontan) sepertinya masih nendang fu, karena torsi maks nya lebih besar sementara bobotnya lebih enteng

        • sonice torsi keluar di rpm lebih rendah, so sonice dah pasti lebih nendang, apalg dgn karakter overstroke dan napas pendek2. jelas sonice lebih mengerikan.

          kalo kita bermain mesin overbore cem FU, mw lngs di gas itu gak bisa spontan, harus di urut. beda ama mesin overstroke.

          so sonice lebih berbahaya dr FU. adik gw pny FU, klo tarik spontan enakan 2 tak, padahal FU dy dah kohar. tp kalo pake NCB jelas enakan NCB secara torsi keluar di rpm bawah.

    • betul om…setuju!!
      tapi seperti biasa om, pasti ada solusinya dari mas gokil tentang keluh kesah om alik.

  12. Yg pengen ber makrifat,silahkan beli fufi,,,,numpak matic ae yo iso mati kok,,ngono ae kok refott…

  13. masalahnya, bisa kagak digear 6nya si fu fi ini nyentuh 13000 rpm?? soalnya rasionya benar2 berat banget.. dan peak power ada di posisi yang jauh lbh rendah dibanding limiternya yg di 13000 rpm.. sedangkan suzuki fxr yg punya peak piwer 12500 rpm pun sulit nyentuh peak powernya disaat gear 6nya.. mungkin juga iklan yg menyajikan top speed tersebut (150kpj) benar adanya, dan mungkin kalapun nambah, nambah sedikit banget untuk alasan safety.. karna ini motor body kecil banget.. untuk speed yg bisa nmbus segitu tinggi untuk ukuran motor ayago std udh jozz banget.. karna rata2 top speed fu karbu dulu cm 135 kpj stdnya

  14. tapi melihat grafik torsi dan powenya, untuk dikota kynya lebih gesit sonic dan mx king daripada fu, apa iya yg punya fufi maen di atas 10 rebu rpm terus biar lebih gesit dari sonic maupun mx king.

    • Supra 2002 ku Awet Rajet

      Itu Knapa dohc honda jd overstroke.

      • ini NEXT SPEC ENGINE BATTLE
        stroke 48,8mm / 49mm sepadan dengan stroke 57,8mm.

        karena sebelumnya ahm sudah punya k15 stroke 47,2mm. supaya ngak terlalu vulgar kenaikan specnya (buat yg awam mesin) maka opsi stroke 57,8mm menjadi satu2nya pilihan ahm.
        #bisa saja ahm mengeluarin mesin stroke 49,5mm basis megapro primus, high kompresi, dohc, radiator. bener gak??
        jadi tujuannya owner k15 tidak tercederai (CBR overbore) dan tetep punya khans tersendiri.

        sedangkan yimm sebelumnya menggunakan stroke 58.7mm pilihannya cuma stroke 49mm DOHC.
        yimm sangat berpeluang membuka sekmen sport bike yg masih kosong stroke 49mm dohc.

        jadi tujuannya owner vixion tidak tercederai (sohc superior) dan tetep punya khans tersendiri.

        team bc fby kompak ngomong.. real dohc,… real dohc… terus sampai louncing new produk mereka.

      • kalau nanya kenapa dohc honda kenapa jadi overstroke, jawabannya tanya ahm sana, knp tanya gue wkwkwk.. simple aja yg dikerja akselerasi ala sohc plus bonus dohc, toh tujuannya agar mantap di stop n go.

    • Baca aja reviewnya di monkeymotoblog gan,,kecepatan pergiginya tetep kenceng fufi,,klo mau akselerasi lebih nampol,,ya tinggal mainin gear blkang aja, ,,ckuplah,buat main2in ayago sebelah.

  15. Biasa aja… Ganasan satria 2 tak 120cc,rk cool, yamaha y125z atau tiara, f1zr,stella, leo, dash dll…benda berbahaya tuh dulu semua ringan pula hahaha

    • Supra 2002 ku Awet Rajet

      Dulu yg pegang motor gituan paling muda umur brpa cuy? Sikonnya gmana? Skarang anak smp aja pake ninja.

      • gw sih dulu waktu maen RGR usia 16thn. dan ngebut juga bukan di keramaian jalan. kalo sekarang sih menang mentereng, ngebut di jalan ramai.

        otak manusia dulu lebih pintar dan cerdas drpd otak manusia jaman sekarang. makanya banyak bocah lakalantas. naek supra aja ngebut.

        gak pake helm pula.

        :v

        • Tachibana Rider

          jyahhhh,,, jaman rgr berjaya jalan masih sepi cung, justru klo mau ngebut di keramaian susah cari moment nya, klo gak malam tahun baru paling pas ada kampanye doang!
          hahaaaaaa 😀
          ..
          klo skrng ada yg ngebut di keramaian mah wajar.. Sentul cuman satu!

          • Jaman rgr itu yg saya denger dari sepuh ya om, malah lebih ngeri, dibawah tahun 2000 kira2 thn 1995, dijakarta terkenal grup motor pacinko -> dikenal gaya agresive meliuk2 di jalanan padat ibukota, sedang daerah jawa barat khususnya bogor dan bandung lebih ngeri lagi balapan liar malam hari dikasi 2 pilihan 1. Pake lampu tanpa rem atau 2. Pake rem ga pake lampu. Sepuh ane pernah coba lawan di turunan puncak bogor milih rem tp ga pake lampu. Jadi ya begitu lah. Serem tapi skill org gila.

        • “otak manusia dulu lebih pintar dan cerdas drpd otak manusia jaman sekarang”,

          16 tahun, pastinya blom punya SIM, udah ngebut?
          ya sama aj dong om, sama2 gak pinter,
          hehehehe

      • Ya biarin aja,,orang mau mati kek mau nyungsep kek,,urusan dia,,ngapain ni supri yg ribet

  16. bener sih, semua motor bahaya kalu dibawa ma anak sekolah yg belum punya sim. bahaya.

    namun dgn motor dgn power gede, lebih bahaya lagi,

    palagi , saya pernha liat sendiri tetangga rmh,

    anak sd umur 4 thn diajari naek motor ama bapaknya,

    binggung saya,

    padahal bapaknya dah lanjut usia wong dah 60 an

    yach minimal ada usaha dari pabriken u/ membatasi kecepa sepeda motor u/ massal, spt di bus,

    yach plg dibully lemot

  17. jgn bilang tergantung ridrnya bla-bla,

    kalu motornya kencang khan bisa dibawa pelan ama ridernya,

    itu omongan org yg ngerti dan cerdas,

    buktinya banyak nyerobot lampu merah

  18. orh mareh lebih pinter,

    buktinya ngak ada aturan batasan power u/ mesin yg diproduksi,

    beda ama org sunda sana

  19. Udah udah jangan berantem. Yang bikin bahaya di jalan adalah ibu2 naik matic sein kiri belok kanan. Pembunuh nomor satu di jalanan itu. Stop bc merk tertentu. Piss.

  20. butuh jalanan sepi, wearpack, helm double klik, waladah, safety kuduan, abis itu geber abis…

  21. (mungkin) rider yang paling berani naek satria injeksi dg satu tangan (kiri pegang action camera) di kecepatan 121kpj gigi 4 dg lintasan basah

  22. Wkwkwkwk
    fby fbh podo kojel kojel

    • emang all new fu fi ini sesuatu banget bro..
      ane yg gak suka ayago aj sampek ikut penasaran pengen test ride

  23. suzuki jual performa
    dgn harga yg masuk akal

    honda yamaha jualan casing
    dgn harga yg ngak masuk akal

    ketahuan siapa yg suka
    mengeruk keuntungan banyak
    dari lugunya konsumen indonesia

  24. sekarang lagi musim
    membuat motor
    dengan casing ala superbike
    tapi rancang bangun mesin
    ala motor cina

    jadilah konsumen yg cerdas
    jangan jadi korban
    pembodohan otomotif

  25. Tolong dong komentnya jangan ada yg jelekin satria, kan suzuki udah bikinin spek mesin bagus, harga juga ok. Tar kalo kurang laku, makin bangkrut dong. Kasian kan karyawannya kalo nambah lagi yang di PHK. Nggk beli nggk apa apa minimal ya nggk jelek jelekin satria PUPI yahh ,. SalaM.

  26. bebek sport itu
    identik dengan akselerasi
    dan top speed diatas
    motor bebek standar

    mereka yg masih dalam
    tahap belajar naik motor
    atau mereka yg mau tampil
    ala sport tapi tdk punya
    nyali dan kecakapan menjinakkan
    motor sport
    sebaiknya pilihan dijatuhkan pd
    sonic dan mxking

    sedang mereka yg sudah punya
    pengalaman dan skil mumpuni
    satria adalah pilihan tepat

  27. Walah cm 150, msh kalah dg sebelah yg katanya bs sampai 178kpj

  28. Motor suzuki buat pecinta speed lover dengan kualitas material yang mumpuni dg mengesampingkan purna jual.Honda buat pecinta motor yg lebih mengedepankan brand, model, layanan dan purna jual dengan kualitas material (body) yang kurang bagus. Yamaha u pecinta motor yg mengedepankan model, brand, layanan dan purna jual dengan kualitas material body hampir sama dg suzuki dan kawasaki. Maaf kr ane punya ke 4 brand motor diatas

  29. segera beli! sebelum di downgrade jarena terlalu kencang!!!!

  30. kang boleh minta ngga tuh itung2n excelnya?? kalo boleh kirim ke idadhidayad@gmail.com. 😀

  31. wis, yg make FU Fi gak usah cepet2, dah pada thu kalo motronya plg cepet (stdr) diantara mtr 150cc lain. gak ada pridenya seandainya menang,..
    kayak td pagi ane terpancing gass poll juga, lha disalip vario 125, supra X125, Mio knalpot racing, blade 125… ane make NJMX 135 autoclutch kepancing buat ladenin speed, ya jelas semua bs ane salip wush… tapi ya gak ada pridenya tow, lha semua yg ane salip spek mesinya dbwh NJMX…
    betul gak mas dosen???

    • ya begitulah
      sepertinya sekarang rider harus bisa menjadikan kondisi jalan yang semrawut sebagai hiburan
      bukan lagi kebut-kebutan yang membuat puas dan senang, apalagi banyak rider SIM nembak, yang nggak becus bawa motor
      mau macet, disalip, digencet, disenggol sabar saja, enjoy saja, dijalani sambil dzikir, istighfar dan sholawat

    • ranjang ternoda

      ane pernah bawa megapro di potong mx135 pas di 100k/h…..sebenernaya sih biasa aja di potong namanya juga jalan lintas…cuman….tampangnya kedepan,mata ngelirik ke ane trus rada nyegir, trus ane uber uber ga sampe 200m dapet lagi.
      cuman mau ngasih tau ma tu orang….motor boleh bapak bapak,tenaga yakin yg muda bisa??

  32. Aku udah coba sampe 147km/h , harus ditrek lurus panjang , tapi pertamaxnya ngeri borosnya kalo gaspolll ahahaa

  33. Aku udah coba sampe 147km/h , harus ditrek lurus panjang , tapi pertamaxnya ngeri borosnya kalo gaspolll ahahaa

  34. Jujur, saya pernah bawa suzuki satria barong dari malang ke surabaya.. Kondisi standard bisa top speed 150 kpj, cuma karena ringan dan kencang pas disalip king berasa oleng

  1. Ping-balik: Wew, Top Speed Satria Fi 152 KPJ. Riilnya Berapa ? | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: