Rasio Transmisi Satria FU Injeksi Berubah Total, Semakin Berat. Jika Power Tidak Bertambah, Maka Jangan Harap TopSpeed Naik


transmisi satria fi

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rupanya rasio transmisi satria fi benar-benar baru. Raduksi total yang dihasilkan benar-benar disesuaikan dengan power serta torsi dari engine baru dengan performa yang lebih tinggi. Reduksi ini ini juga dirancangn untuk melawan rivalnya terutama sonic150r.

Seperti yang informasikan oleh blog kondang, tmcblog bahwa reduksi dari engine satria fu injeksi ini benar-benar berubah. Jika dilihat sekilas rasionya semakin close dibandingkan dengan versi kabu. Simak perbandingan gigi transmisi antara satria versi karbu dan injekesi pada tabel berikut 

transmisi satria fi n carbu

Jika dianggap ukuran ban masih sama, mengingat reduksi sudah diperberat, maka topspeednya bisa dihitung. Berikut ini perbandingan topspeed satria versi karbu dan injeksi

komparasi topspeed satria fu karbu vs injeksi

Jika melihat tabel di atas, topspeed nya tidak terlalu banyak pertambahannya. Pada gigi-6 di putaran 11500 rpm, satria fu karbu hanya mencapai topspeed 145,2 kpj sedangkan versi injeksi lebih tinggi yaitu 151,2 kpj.

Nah untuk mengetahui kemungkinan topspeed tersebut bisa dicapai, maka perlu dibandingkan reduksi total dari kedua versi ini.

transmisi satria fi n carbu reduksi total

Ternyata reduksi total semakin kecil, alias semakin berat. Mohon maklum karena reduksi primer dan sekunder turun sangat banyak, sedangkan reduksi gigi transmisi naik sedikit. Dan jika bobot turun dari 106 kg menjadi 104 kg, maka PWR-nya bisa dihitung.

Jika powernya tetap 16 ps

 

PWR 16ps

Terliihat PWR satria injeksi akan turun jika powernya tetap 16 ps. Jadi putaran engine akan semakin lambat naiknya dibandingkan versi karbu. Alias semakin lemot pada gigi rendah.

Akan tetapi jika powernya 18.5 ps seperti rumor bocoran, maka PWR-nya akan sedikit turun di gigi rendah dan sama pada gigi tinggi.

 

PWR 18_5ps

Kalau mau lebih enak (menurut motogokil) cukup naikkan mata gir belakang satu mata, dari 38 menjadi 39. Maka topspeed masih tetap lebih tinggi daripada versi karbu

topspeed satria fu injeksi gear39

Dan akselerasi pada gigi 4-5 dan 6 akan lebih baik dibandingkan satria karbu

PWR 18_5ps gear39

Artinya motor akan lebih mudah menaikkan putaran engine-nya dan lebih mudah mencapai limiter. Dengan demikian topspeed bisa lebih tinggi lagi dibandingkan satria fu karbu. Hal ini akan berbeda dirasakan bagi rider dengan bobot badan yang berbeda, dan di putaran engine yang berbeda (tergantung kurva torsi dan power).

Demikianlah pengaruh rasio transmisi, bobot dan power satria fu tipe karbu dan injeksi, yang bisa motogokil komparasikan. Mohon maaf jika ada kurang dan salahnya, Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

 

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 04/12/2015, in Motorcycle and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 15 Komentar.

  1. berat juga mempengaruhi to… ruwet yo gae motor… wkwkwkwk…

    Hal yang sudah hilang di Surabaya: http://wp.me/p1eQhG-1rE

  2. wah kalo gitu ga nyaman buat trek kota om yg lebih banyak stop n go, tpi lebih enak buat jalan di malam hari dimana jalanan mulai sepi

  3. Efek dari crankshaft diperingan torsinya berkurang reduksinya diperkecil.
    Solusi kurang pas buat mempercepat akselerasi dan deselerasi mesin short stroke.
    Ya masih mending upgrade old fu dong.
    Gimana nih SIS kok downgrade katanya kualitas nomer 1…. Xixixixixixixi

  4. Akselerasi cepat lebih fun dan aman dari pada cari topspeed

    yamaha mt-07 dan kawasaki er6, lebih unggul yang mana? :
    https://sepedamotorblok.wordpress.com/2015/12/03/motor-naked-yamaha-mt-07-vs-kawasaki-er6-lebih-unggul-yang-mana/

  5. Gila…
    Overdrive tingkat dewa ini…
    Power min 20 hp biar gak berat

  6. Kemeruh kakean teori

  7. Makanya banyak mahasiswa yg ngangur gara2 dosen kayak gini

  8. kok ane ngerasa bikinnya jd ngga balance ya.. rasio di beratin crank di entengin.. jadi berasa berat sebelah…

  9. lha itu compresinya dinaikan gitu dr 10,5:1 jd 11,5:1

  10. Yg penting bs ledekin mslaz soal speed/aksel, yg katanya mtr ganteng, ganteng tp lemot +ngebul spt b****ng. Harga operpret di thai, klo di indo harga bs dibwh r15 berarti byk yg didowngrade dan bs lbh lemot lg. Y lbh utamain tampilan/baju tp S lbh utamain engine perform. Tp 3S agak susah dibanding Y yg banyak spt H.

  11. Wow… bisa gitu ya…

  1. Ping-balik: Suzuki Sudah “Gila”. Motor Berbobot 104 KG Redline-nya 11500 RPM [Part-2] | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif Elang Jalanan

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

RiderTua.com

Blog MotoGP | WSBK | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia