Mengamati Durasi Injektor Pada Motor Honda PGMFI


inspect injector duration

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokaatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Karena sekarang sudah jamannya motor injeksi, maka sangatlah penting bagi kita untuk memahami sistem injkesi ini. Salah satu bagian penting dari kerja injektor adalah seberapa besar ia bisa menakar dan menyemprotkan bensin agar performanya optimum. Beberapa variabel yang mempengaruhi besarnya jumlah/volume bensin yang disemprotkan oleh injektor adalah :

  1. Besarnya penampang jalur keluarnya bensin, yaitu luas penampang per lubang (pi x diameter hole^2 /4) dikali dengan jumlah hole/lubang injektor
  2. Besarnya tekanan bensin, untuk honda 294 kPa, untuk vixion 250 kPa, mioJ 325 kPa dll
  3. Lamanya durasi bukaan injktor.

Nah kebetulan dirumah ada HIDS suatu alat diagnostik khusus untuk motor injeksi honda. Mari kita amati durasi dari motor injeksi, kebetulan di rumah ada vario125fi nganggur, jadi motor inilah yang jadi objek kita. Yuuk kita amati…Penampakan alat sudah pernah ane tampilakn di artikel sebelumnya, tapi secara sekilas ada di gambar judul. Untuk memeriksa durasi bukaan injektor motor injeksi honda sangat mudah, berikut langkah2nya :

1. Siapkan motornya, buka penutup cover body tempat soket intuk inspeksi berada. Pada vario125 terletak di dek depan di atas headlamp. Hati2 membukanya karena ada beberapa pengait (4 buah kiri-kanan, dan 1 buah di depan). Perhatikan gambar berikut ini

dek depan v125fi 2

 

Buka 2 skrup no.13, congkel bagian ujung bawah tempat pengait no.11 (lingkaran merah besar), kemudian dorong ke atas untuk melepaskan 4 pengait dari lubangnya (lingkaran biru)

dek depan v125fi 3

Inilah penampakan front cover terbalik, jika sudah terbuka selanjutnya amati posisi soket tempat inspeksi (DLC) lingkaran kuning

dek depan v125fi

2. Ambil, copot tutupnya dan hubungkan dengan HIDs

instalasi hdt302

3. Nyalakan motor (kontak on), kalau semua sehat, kita bisa lansung bisa melihat penampakan ini. Untuk dapat merekam, bisa sandingkan HIDS ini dengan handphone dalam mode kamera-rekam video

pilih engine

4. Kemudian pilih jenis motor (up – down) kemudian enter. Dan akan tampak data seperti ini (maaf mesin sedang di gas 50%)

ambil data

Silahkan lihat hasil rekamannya disini :

5. Putar handle gas perlahan sampai mentok. Setelah itu kita dapat mentabelkan atau membuat grafiknya hasil dari pemutaran ulang rekamannya.

Dan jika dijadikan grafik hubungan antara durasi bukaan injektor dengan rpm dan bukaan gas (throttle position), maka akan tampak dalam du grafik berikut

rpm vs durasi rpm vs throttle

Data ini kemudian menjadi pijakan untuk melakukan upgrade selanjutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 22/09/2014, in Motorcycle and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Nyimak master…..

  2. itu grafiknya gak salah mas? TP kok bisa muncul peak gitu?

  3. Wow keren nih dah punya alatnya om, dulu belajar dari web luar negeri pake mobil civic thn 93 itung bukaan TPS dengan multimeter. Berapa bukaan menghasilkan brp volt. Terakhir gagal pas jumper kabel ecu, hangus dah tuh ecu. Dituker seken rekon ecu dpt ecu honda civic type-r. Haha kenangan buruk. , btw om ukuran voltase utk tps berapa om? Ada info?

  4. pantesan irit .. kalau lihat hubungan rpm dg injector time-nya …

  5. oo.o.o jd fuel pressure untuk vario 2,94bar, vixi 2,5bar trus mio j nya lbh tinggi ya 3,25bar..
    wis joss…

  6. Tabelx ga kliatan pak..
    Ane liat dr uc browser,jelasin dikit dunk 😦

  7. mbok diterangkan arti tulisan dalam tampilan lcd itu om

    • PUT : putaran mesin (rpm)
      ECT : engine crank temperatur / suhu crankcase mesin (derajat)
      TP : throttle position / posisi bukaan klep kupu2 di throttle body (derajat)
      INJ : injector duration / lamanya bukaan injektor (mS)

  8. TP itu bukaan gas kan? variabel yg dimainkan (x) bukaan gas. sedangkan variabel yang diamati (y) rpm mesin (grafiknya dibalik karena rpm mesin jadi variabel bebas yg diamati). klo gas dibuka scara linear seharusnya gak muncul peak. saya curiga ada yg g beres dengan sensor tp.

  9. tekanan FP besar, hole kecil sangat, = halus?

  10. Om mau tanya, saya kan punya beat gi esp 2015 bore up pakai seher jupiter z os50 nah terus saya ganti injector pakai injector honda CB150r tapi setelah terpasang kenapa motor saya jadi brebet di gaspoll pun tetep ngeden kaya gak keluar tenaga nya, apakah bisa di setting ECM ori beat fi esp 2015 supaya menyeimbangkan pengeluaran yang di minta injector CB150r?

  1. Ping-balik: Durasi Injector CBR150 Lebih Pendek dari Vario125, Artinya ??? | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif Elang Jalanan

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

RiderTua.com

Blog MotoGP | WSBK | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia