” Bersyukur ” Karena Ada Beberapa Artikel di Motogokil yang Selaras dengan Kenyataan


coretan

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tidak ada kata lain, selain alhamdulilla, karena beberapa artikel yang telah ditulis di motogokil ternyata tidak menyimpang jauh dari kenyataan, bahkan ada yang sudah terbukti kebenarannya. Salah satunya mengenai iklan r15 yang “mendekati hoax” dalam artikel terdahulu. Sehingga ane berharap apa2 yang dituliskan dalam artikel2 selanjutnya secara umum dapat memberikan sumbangan pencerahan, tidak menyesatkan.

Menurut ane sesungguhnya sesuatu yang bersifat teknis, seperti spek mesin sudah dapat memberikan gambaran yang cukup gamblang mengenai performa mesin/engine sebuah sepeda motor. Lain halnya dengan harga banyak yang mempengaruhi, mulai dari nilai material, pajak, harga kompetitor, royalti dll.

Selain spek mesin di brosur, kita juga dapat memperkirakan  secara kasar performa motor dari beberapa penampakan dari bagian2 motor yaitu, beratnya, besarnya rantai yang digunakan, lebarnya ban, panjang knalpot. Dengan memahami spek mesin dan penampakannya, kita bisa memahami karakter dari motor, meskipun belum mecoba/test ride. Sehingga bisa tetap realistis dan terhindar dari informasi yang bersifat bombastis, yang melenceng dari kesimpulan teknis berdasarkan spek yang ada.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 20/03/2014, in Motorcycle and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. Congratz pak dosen… 😉

  2. tinggal liat nanti di IRS150…

    DOHC vs SOHC

    • klw utk sirkuit yg punya straight panjang macam sentul dan yg serupa mungkin yg kudungan entah SOHC atau dohc bisa nunjukin taji,
      lha klw yg pasar senggol,
      bisa2 FU yg di podium hasil dari akumulasi poin di akhir kejuaraan,.

  3. berarti mereka yg selalu mencela hasil kalkulasi diatas kertas buram, mereka adalah (…..) :mrgreen:

  4. josss banyak pencerahan teknis….

  5. mas gokil buatin itungan speed stdr pulsar ug4 dong (gtau gigi primer,1-5 n sekundernya) plus potensinya gimana ni motor?

    http:// calmkid.wordpress.com/2014/03/20/ban-9090-tingginya-90mm/

    • ok ane tampung dulu, sambil cari2 data p180ug4

      • Om request donk…tolong analisisnya potensi dri tvs tormax 150…msh inget kan ma ane???? Yg suka caci maki ente…xixixi…tormax bru 3 minggu digarasi ane…topspeed bru 123 kpj..odo bru 1300 km…n udah 2 kali servis n 2kali ganti oli..please analisa tenaga motor ane….

        • iya masih inget bro, ente termasuk pengunjung spesial
          sebelumnya ane dikasih datanya dong bro, mengenai data apa aja bisa merujuk dari artikel2 performa motor yang perbah ane buat
          kebetulan ane ngggakpunya data tormax150

          • Ane buka kitab2 nya om…ininspeknya…yg jls sohc…xixici 5 speed…power 13,5 ps@8000rpm..n torsi 12,5Nm@5500…bore x stroke=59,5 x 53,5 mm….kopling manual pelat mjemuk basah 5;percepatan berurutan…
            Rasio compresi: 11,3;1
            Reduksi awal; (58/21) 2,762
            Reduksi akhir : (41/13) 3,154
            Rasio gigi;
            Gigi 1: 2,916(35/12)
            Gigi 2 : 1,857(26/14)
            Gigi 3: 1,333(24/18)
            Gigi 4: 1,050(21/20)
            Gigi 5: 0,880(22/25)
            Gigi 6 : ohhhh lupa om cuma 5 speed..xixixi
            Reduksi keseluruhan (top gear) 7,665
            Berat kosong:111,4 kg
            Berpendingin air(radiator)
            Karbu vm22
            Info ga penting:hehhehe
            Ane cekoking premium…berat ane 68 kg..tinggi 172…topspeed 123 kpj…(feeling bisa nmbah lgi) klo treknya lebih pnjang lgi…
            9-110 kpj cepet banget diatas 115 kpj agak lama naiknya…digital spido..langsung keputaran mesin…
            Udah pernah ngasepin oldmx..njmx…megapro..verza…dan satu old vixi dengn 123 kpj dispido tormax…ama fu tormax ane kalah..kalah tipis ya….udah om segitu aja….jangan sungkan saya caci…sekarangn ampir sadar kok..tekno itu ga slalu jepun…wkkwwkwkwk tormax semakin didepan yg lain g bisa satu hati…wasslmmm…
            Last …sebelumny ane adlah FBY…duarrrrrr….

          • Mlm om sorry bru pulang kerja…ni speknya…Ane buka kitab2 nya om…ininspeknya…yg jls sohc…xixici 5 speed…power 13,5 ps@8000rpm..n torsi 12,5Nm@5500…bore x stroke=59,5 x 53,5 mm….kopling manual pelat mjemuk basah 5;percepatan berurutan…
            Rasio compresi: 11,3;1
            Reduksi awal; (58/21) 2,762
            Reduksi akhir : (41/13) 3,154
            Rasio gigi;
            Gigi 1: 2,916(35/12)
            Gigi 2 : 1,857(26/14)
            Gigi 3: 1,333(24/18)
            Gigi 4: 1,050(21/20)
            Gigi 5: 0,880(22/25)
            Gigi 6 : ohhhh lupa om cuma 5 speed..xixixi
            Reduksi keseluruhan (top gear) 7,665
            Berat kosong:111,4 kg
            Berpendingin air(radiator)
            Karbu vm22
            Info ga penting:hehhehe
            Ane cekoking premium…berat ane 68 kg..tinggi 172…topspeed 123 kpj…(feeling bisa nmbah lgi) klo treknya lebih pnjang lgi…
            9-110 kpj cepet banget diatas 115 kpj agak lama naiknya…digital spido..langsung keputaran mesin…
            Udah pernah ngasepin oldmx..njmx…megapro..verza…dan satu old vixi dengn 123 kpj dispido tormax…ama fu tormax ane kalah..kalah tipis ya….udah om segitu aja….jangan sungkan saya caci…sekarangn ampir sadar kok..tekno itu ga slalu jepun…wkkwwkwkwk tormax semakin didepan yg lain g bisa satu hati…wasslmmm…
            Last …sebelumny ane adlah FBY…duarrrrrr….

          • Omm…ketinggalan ni…mootor ane klo dlm keadaan diam…gas digeber bisa tembus 11000 rpm nya…tpi klo pas dibawa jln…cuma tembus 10.000…klo pas rpm 9500-10.000..tu rpmnya kedip2…mungkin kepentok limiter…odo 1300km itu ditempuh dlm 3 minggu om…mesinnya tiduran om….handling antep bgt dengan monoshock caenisternya…oo iya itu 123 kpj dengn mode knalpot standar om..klo mode turbotunenya(second mode: mode racing free flow ) blom pernah nyoba…kelebihan ni motor…hndling antep om mirip2 motor yamaha…yg pasti torsinya ngeri…jambk2kan..bisa charge hp..mufflerny 2 suara…bekerja secara mekanik dengn sebuah tuas dibawah choke…lampu led…monoshock canister..double cakram…cakram depan double kaliperkecepatan tinggi ga limbung antep bgt….ga ada getaran bodi…
            Kekurangan ni motor yg ane rasain : boros om 1:30…cakram belakang ga sepakem ygbdepan…klo panicbrake suka ngesot aselole…ban blkang kekeciln…ada hawa panas distank..cz radiator ditebeng depan…gigi suka netral sendiri pas digigi 2 ke 3( bhaya klo ga ngerti sela nya..tpi itu ga sering terjadi)…tips klo pas terjadi kek gitu..jgn panic.. masukin ja gigi selanjutnya atau kurangi…)…
            Tpi dengan kelebihan n kekurangannya…ane puas bgt dengan ni motor…

        • di gear 3 8000 rpm, pindahin tuas knalpot ke freeflow…

          bisa tembus 130kpj tuh…

          • Ni om roy catetan topspeed pergiginya yg pernah ane dapet…
            Gear 1:43 kpj
            2 : 73 kpj
            3: 100 kpj
            4 : 112 kpj
            5 : 123 kpj..
            Tu pindah giginya antara 8000-9500…(ampe kedip2 malah rpmnya )…
            Klaim pabrikan tormax bisa 133 kpj…yg jd pr saia msh 10 kpj lg blum dpet…

          • lu maenin tuas knalpot nya,,, dia ada 2 kan knalpotnya, 1 std n 1 freeflow…

  6. ok ditunggu,,trus kompetitor yg setara pulsar ug4 tuh motor apa aja y

    thx

  7. Itulah ilmu mas, Keep posting mas
    ralat alkhamdulillah kurang “H”

  8. buruk sangka itu bibit dr kedengkian yg merupukan penyakit hati sesungguhnya.
    jk kita selalu mnilai org lain selalu salah dr kita?? sesungguhnya kt lah yg dkat dg ksalahan. perkataan n tulisan org bijak selalu mmberi manfaat bg yg lain dan sebaliknya.

  9. good job om, keep on rolling, salam kreatif htt://www.bordiranku.com

  10. wah coba ramalkan dimana pesawat Malaysia yang hilang itu
    kiikiiikkiiikiiiikiiikk

  11. joss, jangan lelah memberi pencerahan masbro

  12. Yg punya warung boleh nih ngedrag r15 ane nanti..ente kan fbh yah

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Review Motor | Touring

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: