Gaya Marc Marquez = Casey Stoner –> Juara Dunia MotoGP


CS sama dengan MM

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Menyaksikan kiprah Marc Marques (MM) sampai saat ini, terakhir tercepat di FP2 Laguna Seca yang mana  MM masih buta sama sirkuit ini. Bayangin aja, sirkuit baru, motor baru tapi bisa ngasepin para senior MotoGP, dahsyaaaattt.

Kalo ane perhatiin gaya cornering MM hampir sama  dengan CS/Casey Stoner (bahkan bisa dikatakan sama plek). Perhatiin deh

CS cornerriing

CS cornering

MM cornering2

MM cornering.

Lalu apa hubungannya dengan juara dunia ?

Secara langsung sih nggak, tapi mungkin dengan gaya itu CS naik Honda bisa juara dunia, maka MM dengan kondisi serupa mungkin saja MM bisa juara dunia.

Sebenarnya bukan itu yang mau ane bahas, tapi efek dari gaya tersebut yang bisa memuluskan  jalan MM menggapai juara dunia. Loh kok bisa ? Bisa aja, gini nih teorinya.

  1. HRC sudah pernah menyatakan bahwa sasis yang digunakan lebih boros ban dibandingkan dengan sasis Yamaha.
  2. Saat ban mulai lumer traksi ke aspal menurun, maka kecepatan, kemiringan harus disesuaikan. Dengan kata lain lap-time jadi molor.
  3. Dengan gaya seperti CS dan MM seperti itu, pada tikungan yang sama, dengan motor yang sama, dengan gaya gelantungan/gandolan, “motor sedikit lebih tegak”. Akibatnya traksi lebih baik dari pada motor yang lebih miring, karena gaya sentrifugal motor lebih kecil yang dilawan gaya gesek ban-aspal yang lebih besar (silahkan hitung dengan hukum fisika).

beda kemiringan cs dan dp

Perhatikan sudut kemiringan ban DP lebih kecil dari CS (sekitar 1-3 derajad), karena efek “gandolan”.

4. Ban lebih awet karena jarang selip di tikungan.

5. Nah saat diakhir2 lap yang lain dah kedodoran, ban MM maupu CS masih lebih baik dari yang lain. Bahkan bisa terus ngacir dengan menggunakan rear steering, pake ban belakang.

6. Kalo masalah mesin, semua juga dah tau kalo Honda paling kenceng di trek lurus, tapi kalo ban sering ngesot di tikungan, mana bisa menang.

NAH KOMBINASI  : POWER MESIN + GAYA CORNERING – SASIS BOROS BAN = BEST LAP TIME

Kira2 itu analsis ane tentang gaya cornering dan masa depan MM.

Kalo menurut ente semua gimana bro?

Apa bisa dengan modal mesin bagus, style cornering yang sadis dan sasis yang jelek bisa ngalahin JL, VR, DP, CC dan yang lainnya ?

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 20/07/2013, in Motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. Memang yg diperlukan tuk bisa podium bahkan juara selain dari faktor motor yg cepat,(honda atwpun yamaha)juga butuh skil maupun gaya dr pembalapnya.terlebih dalam melahap lap demi lap serta tikungan2..hanya sayang sampai saat ini blm ada yg mampu menaklukan keganasan motor ducati selain CS,bahkan rider sekelas VR pun ga bisa..padahal ducati jg ga bisa dianggap remeh soal kecepatan n power…sayang CS terlalu cepat pensiun,padahal saya sempat berandai2 kl CS ada di tim yamaha dan bisa meraih juara dunia..
    🙂

  2. Cs27 keliatan lebih rebah dibanding mm93 (foto diatas)

  3. Masbro, izin donlot pict yg atas. Thx…….

  4. Mungkin beberapa tahun lagi ada gaya cornering yg ga cuma nempelin dengkul sama sikut…tapi juga helmnya skalian ditempelin ke aspal….. Heheheheee…..
    Mungkinkah…?????

  5. Marquez! Emg juara…miringnya mantep tuh gayanya. Klo di jalanan kite kena kerikil kali ya nempel-nempel gresek-gresek gituh…

  6. motor ganas + rider ganas yng lain sulit ngikutin…

  7. HONDA akan juara kembali .. sikat abis banggg…

  8. mnantabhhhhhhhhh kabeh

  9. wiro gak pake sableng

    gaya hampir sama tapi rasa jauh berbeda.

  10. yg jelas sama-sama liar…

  11. sesuai prediksi, jadi nggak kaget

  1. Ping-balik: [MotoGP] Menanti Hat-trick HRC di MotoGP 2015, Stoner Developer Motor dan Marquez Sang Predator Rekor, Klop | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif Elang Jalanan

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

RiderTua.com

Blog MotoGP | WSBK | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia