[DIY] Mudah Mengganti LAT (Tensioner Rantai Keteng) All New CB150R


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam artikel sebelumnya motogokil membahas bagaimana bunyi klotok-klotok (glodog-glodog), engine bagian kiri menjangkiti “black-ant”, all new cb150r facelift. Dan solusinya adalah dengan mengganti tansioner (LAT) dengan yang tensioner sejenis yang memiliki tekanan lebih kuat. Motogokil menggantinya dengan tensioner kw milik tiger.

Tentunya sebelum mengganti, harus beli dulu tensioner baru, dan harus diyakini memiliki tekanan yang lebih kuat. Performa part ini bisa diketahui lewat info berbagai forum, jadi jangan sampai beli part sia-sia, karena performanya sama saja atau bahkan lebih jelek. Setelah itu diperlukan beberapa alat, minimal 2 alat yaitu obeng min kecil dan kunci pas/ring no-8.

Berikut ini langkah-langkah melepas lat tersebut…

Untuk all new cb150r karena terbuka lebih mudah menemukan lat, sedangkan pada motor lain yang tertutup fairing, harus dibuka dulu fairingnya. Kemudian mulai membuka baut-baut dengan kunci pas-8. Harus imbang antara yang satu dan yang lainnya (sedikit-sedikit)

Dan setelah semua baut dikendorkan, biasanya tekanan lat, akan memberikan dorongan sehingga seiring dengan kendornya baut, lat akan terlepas dengan sendirinya. Hati-hati jangan sampai jatuh, bisa mengakibatkan cacat. Berikut penampakannya setelah lepas.

Jika sebelumnya sempat dibuka penutup pengaturnya, dan diberikan pin pengganjal, maka stud (batang penonjok) tidak akan maju. Dan kita bisa tahu, sepanjang apa stud dari lat menonjok kamprat. Ternyata majunya cuma sedikit jika dibandingkan panjang keseluruhannya, yaitu sekitar 1 cm.

Selanjutnya pasang lat yang baru dengan cara berikut :

Atur stud lat sampai yang paling pendek, putar ke kanan dengan obeng minus, stud ditahan supaya tidak maju.

Setelah itu ganjal dengan pin pengganjal. Biasanya pin ini diberikan saat membeli lat baru. Jika tidak ada bisa membuat sendiri dengan menggunakan plat nomor.

Setelah itu pasang lat ini dengan tetap menjaga, pin pengganjal jangan sampai lepas. Kalau lepas ulangi langkah di atas. Setelah kedua baut 8 terpasang kuat, maka pin bisa ditarik lepas. Setelah lepas maka stud akan maju sepanjang yang diperlukan untuk menekan kamprat.

Setelah itu pasang tutup lubang adjuster nya. Kencangkan dengan menggunakan kunci ring-8. Dan selesai, penggantian lat ini tidak sampai 10 menit dan bisa dilakukan di rumah.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 29/05/2017, in Motorcycle and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. Nah ini artikel yg di tunggu2 saban hari,.. Kang pami kanggo sonic kmha eta lat kw tigerna efektif moal kang… Kira2 ngolotrok deui oalnya kang,..

  2. udah ngeletek aja om? umur brapa taun?

    • Motor udh 1taun lebih kang,. Awal kerasa nya pas sktr mtr 5-6bulanan, smpe skrng sy biarin aja hehehe.. Tp ttp kaga enak klo kambuh kang,..udh diservis jg gda prubahan kang,..

  3. Sensitif nih.. ngeri cobacoba wkwk

  4. Gak usah pake pengganjal juga bisa
    Putar aja pake obeng min ke kanan sampe mentok tar ke tahan sendiri (sekuat mungkin)
    Untuk melepas putar ke kiri dikit, lalu lepas obeng

    Untuk mengecek apakah tensioner bermasalah, saat muncul klotok2 putar2 dikit baut stut ke kiri apakah klotok2 bisa sembuh (mesin nyala, tensioner dibuat lebih menonjok secara manual)

  5. Kualitas nya mantab djiwa yah..
    Yg penting ada cap honda nya

  1. Ping-balik: [DIY] Cara Mudah Mereparasi LAT (Tensioner) All New CB150R Facelift (K56) | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Safety Riding | Touring

Jagat Motor

Info Terkini dan Opini Seputar Dunia Otomotif Indonesia

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog Otomotif | Motor | Mobil | MotoGP

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

rideralam.com

an auto-sport blog

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

the motorbike goes by skill or you get killed

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor dah Itu Aja

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

The Green Blog

Motorcycle

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: