Fuel Consumption (Konsumsi Bensin) Satria Fu 150 FI dan NMax Ala Motogokil Style


Jpeg

red bullet n gun metal

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Barangkali bro n sis semua sering melihat hasil komparasi konsumsi bahan bakar motor yang kebetulan ingin dibeli. Akan tetapi setelah membelinya dan menggunakannya, maka sadarlah bahwa info fuel consumption (fc)  atau konsumsi bensin yang diberitakan tidak sesuai. Kebanyakan fc riil-nya lebih boros daripada yang diinfokan, baik di blog, tabloid dan media yang lainnya.

Hal tersebut tidak bisa disalahkan, karena kemungkinan besar banyak sekali veriabel-veriabel yang berbeda, antara pengetesan dan penggunaan riil di jalanan. Oleh karena itu motogokil coba sajikan fc untuk nmax dan satria fu 150 fi (ala motogokil) dengan beberapa catatan : 

  • Bobot rider 75 kg
  • Kondisi jalan sering macet, kota Malang saat sibuk pagi dan siang
  • Kalau jalan agak kosong langsung tancap gas, diurut sampai mentok
  • Kadang-kadang berboncengan dengan berat boncenger sekitar 55 kg
  • Bahan bakar pertamax/pertamax+
  • NMax setelah servis-1 sedangkan satria fu 150 fi belum servis-1
  • Oli mesin bawaan dealer

Baiklah yang pertama nmax, lihat tampilan speedometer nmax

Jpeg

fuel consumption nmax ala motogokil

Fc penggunaan nmax ala motogokil sekitar 34,x km/L sampai 35,x km/L. Sangat jarang sekali tembus 36 km/L, mungkin banyak yang menganggap boros, tapi menurut motogokil tidak, karena sebanding dengan performa yang diberikan. Karena menggunakan cs1 untuk katagori yang sama fc sulit tembus 30 km/L.

Sedangkan satria fu 150 fi, lebih parah lagi, perhatikan hasil ini

Jpeg

fuel consumption satria fu 150 fi ala motogokil

Dengan cara berkendara yang hampir sama, dengan 2,92 liter satria fu 150 fi hanya sanggup menempuh 92.6 km. Jadi jika dirata-rata diperoleh 31.7 km/L, masih lebih irit dibandingkan cs1 dengan performa yang jauh lebih unggul.

Dan bagi ane naek satria fu 150 fi ataupun nmax, jangan berusaha untuk irit-iritan. Kalau mau irit mending naik nex atau beat, atau c70 injeksi sekalian. Naik motor performa tinggi ya…dinikmati performanya, kalau bisa kencang kenapa tidak. Jangan adu irit, kurang berasa nikmatnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 19/04/2016, in Motorcycle and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 63 Komentar.

  1. Mantap Sam.. Motor kencang yo ojo brharap irit, kecuali merk sebelah ya ? Tp koq Cek lemu’e awak’e peno, Sam.. Hehehe..

  2. Sebanding ya Pak

    Nilai kontrak Jorge Lorenzo
    http://sh.st/Ihz63

  3. FBH santun penunggang MX

    Motor irit ya honda, motor kencang ya kawasaki, motor stylish ya yamaha, motor unik ya suzuki… gitu aja repot 😀

  4. supra 2002 ku awet rajet

    Diblog sebelah malah ampe 50km/l dgn eco riding. Alay riding cm 45km/l. Jauh bener yakkk…

    • Tachibana Rider

      hoax bro,, rumus nya opo iso 45km/l untuk ukuran motor kenceng?
      ato..
      mungkin ridernya aja yg hoax, bilangnya kenceng padahal cuman jalan max 80kpj hahahaaaaa 😀
      ..
      makanya ane baru percaya klo udah test USER yg emg punya sendiri bukan blogger

      • supra 2002 ku awet rajet

        Ya sih. Dia kan pake motor pinjeman. Rumusnya pinjem + amplop = good news kali. Ngoahahaha…

      • Ini si gobl0k kerjaanya nyelisihi mulu ala sales dan fbh. Setiap kelebihan fufi selalu dibantah dengan sok tahu haha. Dan sok sok ilmiah. Giliran motornya ahm.langsung didukung dan dibenar2kan haha. Satria FU Fi motor terkencang 150 Cc 4 tak Tapi BBM iritnya masih bersaing dengan motor dohc lemot boros dan sohc 4 klep ymha wkwk.

  5. Motor kenceng wajar nggak irit2 bingits…

  6. kalo nmax nya full to full gimana lek? sekalian bandingin akurasi MID dibanding f2f..

  7. Sonic bisa kencang namun bisa irit juga kan hehe

  8. Satria karbu di jalan macet ga nyampe segitu, dg laju yg lebih lemot dr satria injeksi.
    Satria injeksi memang top.

  9. Blog pak dosen merupakan blog penetralisir setelah mampir ke blog 3atmono

  10. Tachibana Rider

    hmm,, apa Fufi masih lbih boros dari K45 om?
    ane setting rada rich (minta setting ke ahass) dapet nya jg segitu. Klo masih normal dulu bisa 37 – 40
    bobot ane skrng jg 75 😀
    always peak rpm everyday…
    ..
    so yg plng irit di rmh yg mana om? pulsar ato ncb?

  11. Om dosen fufi ane test pake metode full to full dari pasuruan ke malang tembus 43,5 km/l tanpa macet kalo macet. Isa 37,5 km/l dan di buat ngebut2 an 38km /l … ternyata masih borosan di buat macet darpda di buat kebut2 an …
    Sekian

  12. Inti dari artikel ini ialah..
    Belilah beat dijamin irit.
    Motor 2 juta ummah.
    Gitu ya dosen?

  13. Intinya coba beli motor kayak pa dosen jangan cuma jadi pengamat tapi ga mampu beli

    • 2UL|Kibul™.

      jlub…
      bro gokil gak cuma nyocot koyo sales, tp dijajal ndewe, trus pake montor ndewe…

      😀

      sip pak gokil

  14. boros amat tu CS1.. sonic saya udh oprekan sana sini msh dapet diatas 30km/l

  15. masih jauh lebih irit dibanding mesin 4silinder ohv 1,3 liter

  16. suka sekali sama kalimat ini, “Naik motor performa tinggi ya…
    dinikmati performanya, kalau bisa kencang
    kenapa tidak. Jangan adu irit, kurang berasa
    nikmatnya.”

    ane sering empet juga, motor kenceng kok pada suka diadu irit iritan.. orang speed freak gak pedulikan yg namanya “fuel consumption”. kalo masih pertimbangkan irit ya “salah jurusan” pilih motor. wkwkw

  17. selama motor FC nya diatas 1:10 gue anggep irit

    grandis gue aja cuma dapet 1:5

    :v

  18. Itu cs1 nya boros amat, apa tuh bensin diminum sama ridernya jg???
    Nova sonic aku saja swap engine cbr150 Aja masihb1:30 lbh,,,

  19. Motor performa tinggi jarang di pake ngebut, kemungkinan malah banyak kerak dan motor jadi “kemayu”. Motogokil pernah bikin artikel kayaknya

  20. cs1 kl shifting di 10500rpm fc nya bisa 1:25 an pak guru…

  21. Fu boros juga ya…

    First impression Jeep Wrangler Unlimited Sport: http://wp.me/p1eQhG-1F4

  22. Nach! begini harusnya tes konsumsi bahan bakar! suka2 gua yg make! pake Nmax saya bisa 1:50 tp ngebatinnya minta ampun!! pemakaian wajar, maksudnya kl ada kesempatan ya lsg geber habis dan nikmati peformanya ya 1:30 hal yg logis! sdh seharusnya kl tes konsumsi bahan bakar dibuat seboros mungkin, jd untuk mendapatkan keiritannya bkn hal yg sulit! kl tes keiritan di sirkuit atau pas jln lengang dgn gaya econo ride hal yg hampir mustahil bisa dilakukan sehari-hari kita pakai berkendara!

  23. koq ma cery gk kejauhan om,secara umur dn tekno kn beda jauh,

  24. 2UL|Kibul™.

    motor jalanan yg sampe sekarang gw liat kenceng cuma si nasir (nsr) tp udah jrg banget liat kecuali lg hoki aja

    😀

    sisanya ninja ama rx king

  25. adu irit? lho waktu sonice keok ama fufi banyak fbh yg koar2 iriti lho

    :v

  26. Fufi 18an hp tembus 1:31 bagiku uirit kui,lha montorku 18an hp jg tp gk tembus 1:25

  27. Saya masih bisa dapatin kira2 40 km/L..bobot 80 kg..untuk stop dan go dalam kota..kira2 +/- 45 km/L untuk luar kota.. tidak memiliki boncengan…
    Irit lah..

  28. Boncengan karo bojo terus, total skitar 136kg. ..pertalite. .oleh skitar 28km/ltr. ..

  29. nmax ku jauh lbih irit 1/42

  30. Sangat setuju…
    Nikmati performanya, bukan iritnya…

  31. kenapa ya? kok cuma segitu.
    punya saya juga ga bs tembus 1:30.
    bensin mau pertamax +, pertamax atau pertalite sama aja.
    bawanya slow, shifting gigi ikut metode eco low.
    tapi yg lain ada yg bisa tembus 1:40, itu juga macet.

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: