[DIY] Nikmatnya Ngoprek Filter Udara NVL


vixion engine cutaway2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin saat kuras tangki, kebetulan tangki diangkat, sekalian menengok kondisi filter udara NVL. Barangkali sudah kotor dan minta diservis, atau bahkan minta diganti baru. Kotornya filter udara dapat mengakibatkan turunnya performa engine nvl, karena udara yang masuk tidak optimal, maka pembakaran yang dihasilkan juga tidak optimal, sehingga powernya turun.

Untuk mengetahui kondisi fiter udara di nvl sangatlah mudah. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk dapat melihat dan mencopot filter udara nvl, berikut ini langkah-langkahnya : 

  1. Buka jok
  2. Buka baut-baut pengikat tangki bensin, kemudian angkat bagian belakang dan ganjal dengan obeng
  3. Setelah terlihat boks filter, buka 4 baut dengan obeng “+”

buka box filter udara vixion

Dan terlihatlah filter udara vixion/nvl/nva

buka box filter udara vixion2

Kebetulan filter nvl gold ini masih kuning, tidak terlalu kotor dan berdebu. Ambil dan semprot dengan menggunakan kompresor, kemudian dibalik dan pukulkan perlahan ke lantai untuk merontokkan kotoran yang masih menempel. Dan hasilnya masih banyak debu yang berjatuhan ke lantai, lakukan sampai bersih, kemudian semprot lagi dengan kompresor.

Nah saat filter udara dibalik itulah, muncul ide untuk ngoprek filter tersebut. Filter udara berbentuk kertas tersebut ditahan oleh palt tipis berlubang. Perhatikan potongan gambar plat berlubang ini.

Jpeg

Yang putih adalah platnya, sedangkan yang lingkaran hitam adalah lubangnya. Dan ternyata jika kita kumpulkan bagian yang hitam, maka terlihat bahwa bagian plat menenpati hampir 50% luas penampang filter udara tersebut.

Jpeg

Artinya jika kita bisa membuang semua plat penahan maka luas penampang filter menjadi 100%. Kesimpulannya pada kondisi standar hanya 50% saja luas yang dialiri udara dari penampang filter yang ada. Oleh karena itu untuk mengoprek filter udara nvl untuk harian, tidak perlu sampai :

  1. Mengganti dengan filter racing
    • racing filter vixion
  2. Membuang/merusak kertas filter
    • 6

Tapi cukup dengan mengurangi bagian plat penahannya, seperti ini

potong barier filter udara vixion

Kemudian pasang kembali, dengan langkah-langkah sebaliknya.

Apakah sudah cukup langkah ini ? Belum bro, dan pada bagian akhir inilah terletak nikmatnya ngoprek filter udara nvl (vixion).

Karena penampang aliran udara sekarang sudah bertambah, anggap saja naik 20%, maka tentunya asupan bahan bakar juga harus ditambah, karena sudah tidak standar lagi. Caranya adalah dengan setting CO+, dengan alat khusus (kebetulan motogokil punya) yang biasanya digunakan bengkel resmi

yamaha FIDT

Dan setting CO+ 10

setting co plus 10

Dan tadi pagi ane pakai buat goncengan (berat total rider+penumpang 130 kg), NVL melaju dengan sangat ringannya. Seperti jika bawa sendiri sebelum filter udara dioprek, enteng banget, mesin juga terasa sangat bertenaga di gigi-4. Silahkan dicoba sendiri bro, barangkali sama testimoninya dengan ane, murah-meriah. Tidak kalah rasanya dengan filter udara racing, plus perlindungan daleman silinder tetap optimal seperti standarnya.

Mengenai bagaimana nyeting CO (+ atau -), kita bicarakan di artikel berikutnya saja.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 31/08/2015, in Motorcycle and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 45 Komentar.

  1. ane pernah pake busa sintetis om ajib brasa kyak lepas filter

  2. wah apa ga takut ada serpihan filter yang masuk ke ruang bakar misal krna abis d cuci shingga ada air masuk ke box filter lalu filter basah ? krna filternya trbuat dri kertas ..

  3. plat penahan itu kan berfungsi jika filternya yg dari kertas itu rusak biar gak masuk ke mesin, lah kalo dipotong gitu apa gak bahaya jika filternya suatu saat rusak?

  4. Konsumsi bbm gmn stlah naikin CO?

  5. alat setingnya beli dimana? merk apa?? n harganya brp gan??? ane pngen tuh biar g bolak balik ke BERES

  6. Wih… Regane alate piro kui…??

    Yang menarik dari MotoGP Silverstone 2015: http://wp.me/p1eQhG-1kJ

  7. om klo kertas filter di rusak trus di ganti saringan stainless mesh no 600 dirangkap 2 kira2 aman gak om?soalnya itu saringan bisa nangkap debu yg sangat kecil tanpa menghambat jalannya udara om.pengen nyoba di matic soale.thanks om gokil

    • bisa aja, tapi pastikan dulu kemampuan saringannya,
      dan jangan lupa, jika kertas filter yang ori dicor di dalam plastiknya, jadi sangat kuat
      kalau masang sendiri, harus diusahakan saringan stainless nya kuat tertahan tidak tersedot

  8. Mantap, jadi tambah jozz tarikanya.
    Numpang sharing aplikasi android untuk merawat motor matic di Google play Gan.
    https://play.google.com/store/apps/details?id=rifel.appliction.servisberkalamotormatic

  9. penggemar speeds

    wah modif bang dosen agak riskan, kertas filter kalo pas dah brittle nanti bs kesedot serpihanya ke mesin,
    mgkin bs lebih aman, itu plat penahan bisa diganti dg kawat strimin ato kawat kasa yg lebih leluasa meneruskan aliran udara….

    • memang jika ada kawat strimin lebih baik
      tapi menurut pangalaman ane, kertas filter udara sangat kuat, dirusak secara sengaja aja susah, apalagi rusak karena angin

  10. Om gokil ane mau tanya satu hal yg penting nih tp email ane gak bisa tlong deh krimin no hp ente ke numb ane 083851982963 buat komentator lain peace jngan usil ya brow

  11. Kalo filter yamaha sports emang plat besinya langsung nempel di filter kertasnya…. tapi kalo honda k15 dan k45 plat besinya permanen di box filternya, jadi yg bisa dilepas cuma filter kertasnya aja… kalo cbr old ane sih pake pe28+filter jamur dah nyuuoooss nguuoookkk… hahaha

  12. ga takut kemungkinan kesamber api kang ?? penampang besi itu dibuat biar nahan api . belum pernah liat nvl jadi ga tau deh . kalo di nmp besi besi itu adalah kawat tebel yang di anyam . ga ngikut filter . tapi netep di filter box

  13. greatangel007

    Untuk jangka panjang gimana pak? Adakah efek negatifnya?

  14. Kl filter udh ganti yg loss (racing) gt Tp Tanpa dirubah setting co nya. Ada efek jangka panjang g Om?

  15. Penggemar Ninja

    terima kasih ideanya bro

    mau coba di matic ntar, tadinya mau pake busa grand, tapi coba ini dulu aja, filter yg bekas masih ada keknya

    Piss

  16. ane dah ganti pake filter racing eo* bro, tapi sayangnya CO cuma +6 dikasih beres padahal motor dah gak standar pengapian sm air filternya takut kekeringan aja ni bro( T_T ) ..itu beli alat FIDT brapaan bro dmn yg jual, biar ane bs oprek2 sndri 😀

  17. Yang murah bikinan ITS namanya Iquteche…dah terkenal

  18. mantap,, kreatif,, jd pgn.. filter racing yg katanya seumur hidup harganya 300 ribuan. masih murah dibanding motornya -:D

  19. bukannya NVL dah ada sensor O2, klo kering automatis di kasih basah oleh ECU..?

    apa ada maks dan minimal yg bisa di handle oleh sensor O2 ..?

    pencerahannya donk ..?

    • iya sensor O2 yang ada di motor2 harian sifatnya adalah untuk meningkatkan efisiensi bukan untuk meningkatkan performa, sehingga band responnya tidak selebar yg untuk performa.
      Jadi kalau setting-an standar berubah/apalagi cukup drastis, maka sensor tidak akan mampu menghandle perubahan tsb.

  20. mantap tipsnya om gokil…

    kalo punya ipar ane dikasi kipas kecil, lumayan buat putaran atas…

  21. Boleh di coba tuh ama macan ane

  22. sdh sy coba di NVL tahun 2013 motor harian sy, plat di filter sy buang semua krn susah motongnya sesuai dg contoh diatas.CO sy seting +28 dan hasilnya josss kotos2….

  23. wah saya coba copot sekat besi 100% di supra Fit new, lalu setting karburator.
    hasilnya ! masih sama. hahaha……..
    maklum motor 97,1cc.

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: