Up-Grade Hadling NVL (New Vixion Lightning) Ala Motogokil


NVL gold

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Meskipun motor nya sama, tapi lain rider lain pula feeling nya. Banyak rider yang memuji empuknya monoshock New Vixion Lightning (NVL), yang menghadirkan kenyamanan saat dikendarai. Tapi bagi sebahagian rider lainnya (termasuk ane), monoshock nvl terlalu empuk, yang mengakibatkan handling-nya menjadi kurang nyaman. Teruatama saat berbelok atau saat terkenan aspal yang bergelombang di kecepatan tinggi, motor rasanya limbung.

Oleh karena itu cara pertama yang ane tempuh adalah mengganti monoshock ori nvl dengan monoshock yang lebih keras. Nyari di beberapa toko otomotif di malang, jarang nemu, akhirnya dapet barang bagus, inilah dia…

monosok yss n ori nvl

Panjangnya sama, dan sepertinya diameter ulirnya sedikit lebih tebal, dan lebih tertekan. Perhatikan tinggi pegasnya, telah ditekan oleh pengatur berulir, sehingga menjadi lebih keras. Copot yang ori (kuning), kemudian pasang yang warnanya merah.

Melepas baut atas, harus banyak bongkar cover body tengah

ganti monosok yss nvl

Lepas baut bawah monoshock

ganti monosok yss nvl2

Pasang monoshock dan coba jalan-jalan 24 km, dan rasanya batingannya lumayan keras, tapi feeling-nya kena. Ketika berhenti motor malah jadi terlalu tinggi karena jok hanya sedikit turun saat diduduki, kalau sok ori bisa langsung turun beberapa cm (efek dari monoshock yang lebih keras). Sehingga saat riding dalam waktu lama, tulang pinggang berasa lebih pegel, karena kombinasi bentuk sadel dan sok yang keras menjadikan tulang belakang bagian pinggang tertekuk keluar.

Ok, kalau masalah ini mah gampang solusinya. Tinggal bongkar link bagian bawah, dan dibalik arahnya. Lubang as tempat monoshock dan body tukar tempat, ya memang link harus dicopot dari conrod-nya. Pasang lagi dan langsung di test, nyaman banget. Sok menjadi lebih empuk, sekaligus jok menjadi lebih pendek, dengan berbekal sepatu sport, kaki bisa menapak sempurna. Inilah penampakannya, motor jadi agak bantet, terutama bagian belakangnya.

mendekin sok depan 0

 

Akan tetapi nih nvl malah jadi kaya motor touring, ciri-ciri sport nya jauh berkurang, gara-gara jok turun drastis sementara tinggi stang tetap. Ya udah turunin stang dengan cara pendekin sok depan, ujung atas sampe mentok stang.

mendekin sok depan 1 full

Jika dilihat dari samping udah proporsional, dinaikinnya juga sudah enak banget. Tapi begitu dilihat jarak free dari batas main sok maksimum hanya tersisa 1-2 mm saja. Ya sudah sok depan agak dipanjangin lagi, khawatir pas saat pengereman ekstrim bottom sok menghantam segitiga bawah. Nah sekarang baru enak dinaikin, enak dipandang dan enak juga saat berhenti di lampu merah, karena kaki menapak sempurna.

Handling juga semakin oke, karena sumbu roda semakin pendek. Pemendekan sok depan otomatis memundurkan as roda depan sedikit ke belakang. Kira-kira begini gambaran sederhananya

wheelbase mundur akibat mendekin sok depan

Demikian upgrade handling nvl ala motogokil, kurang dan salahnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 11/08/2015, in Motorcycle and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 28 Komentar.

  1. Tdr…?? Piro kui…

    Menarik dari MotoGP Indianapolis: http://wp.me/p1eQhG-1j2

  2. pake yss ya om shock nya ? Emg ajib melibas tikungan :mrgreem:

  3. motor opoooo kui. Elek…
    ekekeke
    Sori pak dosen.
    Habis liat cb. liat nih motor kesannya melow.
    Ekekekeke.

    Salam tuang oli. ^_^ peace

  4. Salam 8000rpm ngebul

    • he he he
      nvl ane 10500 rpm nggak ngebul kok

      • gak.ngebul ya pak. kok tuang oli pak. Udah buang aja motor gak berguna. Aslinya kan ngebul tapi tapi pak dosen kagak ngerti. Paa dicek eeehh oline habis.
        Sama ja ngebul. Pak dosen jgn pake oli diesel dong. Berani gak? terus buat touring lumajang probolinggo. Ayooooo. pasti berani klo gak ngebul. Kan katanya gak ngebul. Ganti yamalube ato mesran murah meriah aja.

        ekekekeke. Dijamin ambrol tuh motor. Kuat kuatan sama cs 1 sama2 gak ganti oli deh. Ayo2. ….
        hueekeke.

        Salam tuang oli.

        • MACHINE CHASER

          kesian

          kerja nya tiap hari NIPU orang

          moga mayatnya masih bisa dikubur

          😛 😛

          • Anak Cakep anti Alay

            tong, kalo itu nipu yasudah bantuin mecahin jawaban yang ditulis sama pak dosen.. 😆

            http://motogokil.com/2015/07/27/sekalas-hdeo-msx-sekalipun-tidak-mampu-menahan-panas-dan-hausnya-engine-nvl/

          • MACHINE CHASER

            lah

            gini nih tim SWAT

            MUTER-MUTER

            yg dibahas bc pertama “NGEBUL”

            terus pak dosen jawab “nvl nye kgak ngebul”

            penipuan kan ?

            haus oli ya biasa aja kyak CEBONG yg ternyata HAUS RADIATOR

            😛 😛

          • Anak Cakep anti Alay

            *sory tong gue bukan swat..

            baca lagi pertanyaan gue tadi…

            gue kan cuma bilang pecahin masalah, bukan bilang ngebul kan.. 😆

            soalnya pak dosen bingung, gak ngebul kok boros oli??? 😆

            *sory gue gak pernah denger cb haus radiator.. 😆

          • MACHINE CHASER

            jawab ?

            buat apaan ?

            topic nya “ngebul” dan udah dipatahin sama user nvl sendiri yg bilang “enggak ngebul di 10.500 rpm”

            kalah debat terus mau ngalihin topik ?

            yaelah ogah bgt gue muter2

          • Anak Cakep anti Alay

            yang muter-muter iru lu sendiri..

            inget, gue bilang apa, “nggak ngebul kok boros oli, bantuin pecahin masalahnya”

            pak dosen juga user nvl aja pusing kenapa kok boros oli, lah sebagai fby kan musti tau lah, tuh motor kenapa.. 😆

            tanya kenapa kok jawabnya muter-muter???
            gak nyambung.. 😆

          • MACHINE CHASER

            lah yg nyebut gue fby kan elu2 para sales ahm karena gue ga suka ahm

            n gue udah bilang ampe gue berbusa klo gue ga punya sport 150cc karena ga guna buat gue

            salam muter2 ye cung

            jangan lupa sebar brosur yee cung biar majikan elu si ahm senang

            ngoahahaha

        • Yooo touring. Motor sama sama sama diisi cuma 1 gelas oli kamu pake cs1 aku pake supra bagong. Ambrolan seng ndisek.

    • Disini kok gak denger kasus nvl ngebul ya? Biasanya klo mmg cacat masal setidaknya terdengarlah satu dua kasus. Padahal nvl disini dah banyak banget.

  5. 24 km pake motor bantingan keras hebat pak bisa tahan…
    saya pake mio gt adek sama suzuki katana temen yang juga keras shocknya baru jalan 10km aja udah minta mampir ke tukang pijat 😆

  6. Jok nvl luar biasa kerasnya
    Ditambah getaran mesin ketika diatas 7000 rpm
    Setengah jam turing udah panas aja pant*t

    Bener banget sok terlalu lembut, ditambah sudut rake lebar handling bertumpu di roda belakang
    Kalo jalan mulus stabil tertolong ban lebar, tapi begitu ketemu jalan keriting roda belakang dah geser kanan geser kiri
    Solusi cepat dengan menurunkan shock depan 1,5 cm untuk memberikan tumpuan lebih di roda depan, membuat efek shock belakang lebih keras

  7. Memang joos nvl / vixion series tampilan no 1 power no 3 walau sohc tapi bisa ngeruntuhin yang katanya dohc

  8. 2 tahun ya belum tergeser. Wait and see aja kedepannya.

    Tapi tump up lah buat pikson.. SOHC Fenomenal

  9. Itu piringan cakramnya udah tipis ya om. Emg udh brp km?

  10. nanti ane coba di vixion temen ane….
    nice tips om gokil.

    salam susah netral

  11. Jos, bisa langsung mereng2, elbow down pak dosen…

    Analisis lap by lap Indianapolis 2015, MM VS JL
    http://wp.me/p1Foe8-3D

  12. ngebul never die

    Ayo tukar v ixion anda dengan cb150r new. Kasihanilah kami divisi SWAT AHM.

  13. Gan saya jg pengguna nvl.. dan merasa terlalu empuk nich sok mononya.. klo minta alamat bengkelnya bisa ga? Nanti saya pengen maen ke bengkel agan… sekalian modif mononya nich.. bisa minta tlg dikirim email saya gan alamatnya gan. Email saya dikaaja09@gmail.com. terima kasih

  14. sesat

  15. Mantaf bro, motor paling stabil dikelasnya

  1. Ping-balik: [Modifikasi] GSX R150 Ketinggian, Dipendekin Saja | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: