Terlalu Banyak Motor Sport Ber-Engine DOHC, Lalu Bagaimana yang Masih SOHC ???


project dohc150cc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Seperti yang pernah ane prediksi satu tahun yang lalu, bahwa pasar motor sport akan dibanjiri oleh motor ber-engine dohc [artikel], maka sepertinya prediksi tersebut akan terwujud dalam waktu dekat. Bayangkan selain sport dohc yang sudah eksis seperti satria fu, old cb150r, cbr150r, cbr250, ninja250, z250, 250sl dan r25, semester depan akan dibanjiri oleh jenis baru yaitu new cb150r (k15) sebanyak 225.000 unit dan sonic150 (k56) sebanyak 100.000 unit.

Itu baru dari honda saja, bagaimana jika kawasaki melokalkan ninja 250sl dan suzuki mengeluarkan sport 150 dohc nya ? Maka motor ber-engine dohc akan semakin mendominasi pasar.

dohc engine

Kata-kata (jargon) iklan engine dohc juga akan semakin sering terdengar. Bisa dipastikan dengan mereferensi engine motogp yang berjenis dohc, maka akan diiklankan bahwa dohc lebih “keren” dari pada sohc, dan sangat sulit untuk mebantahnya. Seperti itulah kondisi pasar motor baru, begitu pula pasar motor bekasnya. Motor ber-engine dohc akan banyak mangkal di depan pasar motor bekas (sekarang sudah banyak). Dan jika motor ber-engine dohc sudah terasa jamak ditelinga konsumen, maka bisa-bisa engine sohc akan terasa inferior.

Mesin bergenre sohc memang masih sanggup eksis, tapi posisi nya bukan sebagai motor pada level high end, akan tetapi sebagai motor sport entry level. Yang mana pada motor jenis ini yang diutamakan bukan masalah gengsi dan topspeed, akan tetapi lebih pada fungsi dan torsi yang erat kaitannya dengan alat transpoertasi yang efisien.

Harga-Yamaha-Byson-+Tough+-Blue

Motor jenis ini masih sangat banyak peminatnya karena harganya lebih murah, minim perawatan dan irit. Beberapa pabrikan sudah merilis motor jenis ini seperti verza, new mega pro, byson, thunder, klan pulsar, apache dan lain-lain.

verza

Sesungguhnya untuk keperluan harian, aplikasi sistem cam sohc dan dohc tidak terlalu mempengaruhi performa engine [artikel]. Justru engine sohc akan memilki kelebihan dari sisi efisiensi. Sedangkan untuk engine dohc baru akan terasa kelebihan ketika akan digunakan untuk balapan. Akan tetapi  adanya persepsi kelebihan dohc dibandingkan sohc lebih pada “image” yang mereferensi pada motogp (balap). Ya bisa dimaklumi, motor sport (apalagi yang full fairing) sudah sewajarnya jika harus kencang. Dan motor kencang adalah motor balap, dan balapan motor adalah motogp, pas kan ?

Jadi motor sport entry level masih aman menggunakan mesin sohc. Sedangkan motor sport yang diposisikan sebagai level atas tapi bermesin sohc, harus segera berbenah. Karena kalau tidak, pamornya akan tertutup oleh hiruk-pikuk iklan/propaganda motor bermesin dohc. Dan tentunya yang ditakutkan adalah turunnya penjualan (market share) akibat dari propaganda ini.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 05/07/2015, in Motorcycle and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 32 Komentar.

  1. Ninja 250 sl maksudnya mono pak? Kalo itu udah lokal

  2. Peringatan Buat Yamahmud biar berbenah jangan baju mulu yg ganti mesin jga ganti dong !!

  3. Waahh pak dosen ngundang dedemit

    Sebar menyan dlu

    Ngieheheheheheheh

  4. SOHC irit dan torsi gede, udah itu aja, ga usah muluk2 , indonesia lebih cocok torsi dibanding speed, apalagi di Jakarta mtor torsi gede sejenis megapro byson verza tiger pio vixion emang lebih cocok. Imho

  5. DOHC, lg ngebahas motor sport kan? SOHC, buat matic! blm pernah tau ada matic DOHC. jd ke dpn nya SOHC buat matic! buat efisiensi!

  6. Masih penasaran vixion bikin overbore saja. Sayang yimm bukannya bikin overbore buat r15.
    Cs1 aja enak banget.

    • DiaCyl nya yg ga mngijinkan kolter /melakukan bore up dgn mudah gan
      ga kaya kompetitor,
      ente mau bore up itu ya minimal piston set plus blok -head
      (liner dll dst) yg mrupakan part aftermarket, bisa keramik atau bahan lain
      which is ngga murah

  7. Motorku Yo sik SOHC, udh msh SOHC ini mahal jg, butuh brtahun tahun ni kumpulin dwit buat mminangnya..tp gkpp meski sohc nih dah knceng bgt gk pernah lbh dr gg4 bawanya dah ngeri sendiri

  8. SOHC Pekokcrut

  9. Ya biar cepat berbenah vixion diupgrade jadi dohc,tapi klo sohcnya aja harganya segitunya terus klo keluar vixion dohc mau dikasih harga berapa? Itu masalahnya

  10. kasian yang two stroke, makin ketinggalan lagi

  11. seandaix verza didesan lebih agresif monosok pasti penjualan melebihi cb/vixion, gak butuh dohc/sohc multy klep… murah keren! itu sudah jadi mainset masyarakat, sama halnya makanan,,, murah, banyak, n enak pasti laris!!!!

    • kalau honda mau bisa aja verza jadiin 4 klep 2 cam,
      yg dipasang di mesin 1 cam dgn 2 klep (1 in 1ex)
      yg 1 cam dan 2 klep sisanya jadiin gantungan kunci atau cadangan alias serep
      udah, jadi deh verza 4 klep
      wkwkkw

  12. yach sesuai peruntukan aja

  13. sy pribadi gak milih sohc atau dohc, superior/inferior mana
    tp yg jelas dohc dimensi mesin lebih gede & itu lbh keren untuk motor naked
    apalagi satria fu. udah dohc, pendingin udara pula..padet

  14. Jangan samakan SOHC Byson dan Verza 2 klep dengan generasi NVL dan MX king yang udah 4 klep Dysil silinder dan forged piston

  15. Setuju sama p dosen,motor berfairing harus kencang karena itu sudah minset d masyarakat,untuk motor fairing masyarakat masih berkaca sama ninja,ninja kan terkenal karena kencang.

  16. Ninja 250sl dilokalkan? Bukannya dari awal ninja silinder jomblo ini emang buatan lokal?

  17. Kayaknya gak ada motor sport yang SOHC? sport kan pasti DOHC? Kecuali kalo ada yang pengen nye-port pake SOHC baru tu motor jadi motor sport.

  18. Tiap masa itu ada trendnya, seperti; karbu berubah jadi injeksi, 2 tak berubah jd 4 tak, SOHC berubah jd DOHC, 250cc satu silinder jd dua silinder, tutup tangki jendol jd tutup tangki rata. Pabrikan yg terlambat mengikuti trend akan ketinggalan dan ditinggalkan

  19. ngebul never die

    Kalo di jalan udah gak penting SOHC atau DOHC.

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: