[DIY] Ahirnya Berhasil Setting Balancer Pulsar 180UG4


my p180ug4

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Alkhamdulillah siang tadi ane berhasil men-setting ulang balancer di p180ug4 ane, yang mana sebelumnya masih lumayan getarannya. Setelah selesai di-setting dengan benar maka mesin p180ug4 kembali seperti sedia kala, enak lagi digeber sampe mentok. Langsung ane bawa ke spbu, isi full tank, sebelumnya dibiaring rada kosong, geber sampe mentok, sekalian ngisi aki yang lumayan drop.

Sebelumnya pernah ane bahas tentang fungsi balancer pada mesin di artikel ini, tapi siang tadi ane mempraktekkannya secara langsung dan hasilnya ok. Berikut tip dan trik sederhana men-setting balancer p180, juga bisa diterapkan pada motor lainnya…

Pada bagian mesin p180 sebenernya sudah terdapat tanda yang bisa dijadikan acuan untuk men-setting balancer (langkah-langkah bongkar rumah kopling bisa dilihat di artikel sebelumnya). Tanda tersebut ada di balancer dan ada di gigi primer yang ada di poros crankshaft.

segaris

Langkah-langkahnya :

  1. Buka tutup tengah kalter kiri/magnet, gunakan kunci sok untuk memutar magnet untuk mendapatkan posisi top (TMA)
  2. Maka gigi primer akan berada pada posisi dimana garis petunjuk berada di atas dengan sudut kemiringan yang sama dengan sudut kemiringan silinder
  3. Putar balancer sedikit, sehingga garis pada balancer berada di bawah dengan kemiringan yang sama dengan garis di gigi primer/ sejajar
  4. Ganjal balancer dengan potongan kecil plat nomor, agar balancer tidak bisa bergerak ke kanan dan ke kiri.
  5. Pasang rumah kopling dengan tetap menjaga agar posisi balancer dan dan gigi primer tidak berubah.
  6. Dan jangan lupa mencabut plat kecil pengganjal balancer sebelum memasang kembali komponen2 lainnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 19/07/2014, in Motorcycle and tagged , , , . Bookmark the permalink. 22 Komentar.

  1. S0HC njeblug diLentengagung

    B

  2. kalo gak sama sama top bakalan geter… :mrgreen:

  3. akhirnya, jangan lupa beli special toolnya saja 😀

  4. he.he.he
    bro motogokil dpt pengalaman baru dan sekaligus guru terbaik nih..
    selamat smoga tdk rewel lagi, klu rewel modifikasi skalian biar tbh power full

  5. Selamat…
    You win !

  6. coba ganti headlamp ma p200. biar gak terlalu mancung 😀

  7. Salam

    Kang kalau motor yg tidak ada balancer,bisakah ditambai balancer dengan cara menyamakan berat magnet dengan menambah berat pada bagian as kanan kruk as( bagian as pompa oli)??

    Pada motor gl,tiger dkk.

    Suwun.

    • sepengetahuan ane, bawaan dari pabrik sudah paling balance, ane khawatir kalau ditambah getaran akan semakin terasa
      kalau arti balancer yang sesungguhnya, adalah bandul tambahan untuk meng-counter kelembaman bandul utama (crankshaft)
      kalau mau ngasih balancer harus sesuai dengan posisi yang sudah memakainya seperti pulsar, cb150r dll

      • Hihihi,woh ngunu.

        Bukan balance seperti yg di pulsar,cb150r dkk sih maksudnya,cuma muncul pertanyaan diatas setelah lihat kopling gandane bebek.

        Trus tadi muncul ide gini”laiyo nek balance ne bebek diaplikasine nek bandul gl seng wes strokan lak yo tambah maknyos gae ngimbangi bobote magnet tiger seng kepasang.”

  8. Mohon pencerahan gan. Di saat kruk as udh top lalu posisi gigi balancernya itu garis tanda itu di posisi bawa ato atas? Trimz

    • sebelumnya lihat dulu artikel sebelumnya,
      kemudian perhatikan bahwa bagian yang berat dari balancer terletak di bawah, tinggal putar girnya sedikit ke kanan
      kalau ane pasang balancer tandanya yang di bawah, hasilnya ok
      tapi ada juga tandanya ke atas (nggak tahu hasilnya bagaimana)

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: