“Exhaust Wrap”, Nggak Cuma Buat Gaya, Tapi Bisa Meningkatkan Performa


2010-07-24 11.09.01

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Ada seorang pengunjung blog motogokil bertanya tentang exhaust wrap, ringkasnya pertanyaan demikian

“Apa benar exhaust wrap dapata menambah VE (volumetrik efficiency), bagaimana penjelasannya ?

Sebelumnya mari kita berkenalan dengan exhaust wrap (pembungkus knalpot) yang berbentuk pita seperti ini

Titanium_Exhaust_Wrap

Exhaust wrap biasanya terbuat dari bubuk batu lava dan diuntai serta dianyam dalam fiber glass, sehingga tahan sampai suhu 2500 ˚ F ( 1371 ˚ C). Aplikasi dari exhaust wrap memberikan keuntungan berupa :

  1. Dapat meningkatkan penampilan (gaya), karena biasanya knalpot yang sudah lama akan tampak jelek, menguning dan lain-lain. Dengan dibungkus oleh exhaust wrap penampilannya akan jauh lebih baik.
  2. Menurunkan suhu disekitar knalpot, hal ini memberikan beberapa manfaat yaitu menurunkan tingkat kerusakan komponen2 disekitar knalpot akibat panas yang berlebihan seperi fairing, kelistrikan, komponen mesin lainnya dan melindungi bagian tubuh/ kaki user dari sengatan knalpot yang sangat panas
  3. Peningkatan efisiensi mesin; dengan dibungkusnya header knalpot maka akan mengurangi transfer panas ke intake manifold. Jika udara intake lebih dingin, udara yang masuk ke mesin semakin padat sehingga VE naik, dan power akan bertambah.
  4. Meningkatkan kecepatan aliran di knalpot; akibat pembungkusan (wrap) di pipa knalpot, panas yang seharus diradiasikan ke udara tetap tertahan dalam knalpot. Meningkatnya suhu akan meningkatkan tekanan gas buang, perbedaan tekanan yang semakin tinggi antara gas di dalam pipa knalpot dan udara luar, mangakibatkan aliran gas semakin kencang. Meningkatnya kecepatan gas buang meniggalkan pipa knalpot, mengakibatkan kevakuman yang tinggi, sehingga pada saat overlap klep-in dan ex, akan memberikan efek scavenging yang dapat peningkatan VE pada kecepatan tinggi. Eveknya sama dengan memperbesar overlap klep in dan ex

[Sumber] .

Kira-kira seperti itu penjelasan kegunaan dari exhaust wrap (pembungkus knalpot) yang umum digunakan pada moge dan mobil performa tinggi. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 04/06/2014, in Motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. nyimak… ternyata ada manfaatnya to…kirain cuma pelindung panas doang 🙂
    http://78deka.wordpress.com/2014/06/04/kalau-yamaha-r3-kek-gini-gimana-masbro-bonus-raungan-mt-09/

  2. pernah make ginian beberapa lama di leher stenlis,dipake buat harian kena hujan,kotoran,lumpur pas dibuka karatan -___-

  3. iya sih cuman dikit banget aku masang biar ga kena kaki aja pernah melonyoh je

  4. cbr tombo ati

    [guyonan] kalo dipasang kek gambar HD di atas sih ok ok aja,
    hahahaha kalo dipasang di CB Glatik ya lucu ngelihatnya,,,tambah sumpeg…sumpah luuucuu …

  5. yg mekanisme menurunkan panas di intake manifold gimana tuh om?

  6. Ternyata knalpot dimumi jg ya??
    bkn manusia saja yg dimumi

  7. engga cocok buat motor Honda,
    soalnya motor Honda kata fanboy nya makin panas makin kencang…

    • nah ini makin panas makin kencang, kecuali kompresi tinggi yang diseting bisa minum premium, krn sisa gas panas hasil pembuangan masuk lagi keruang bakar pada saat overlap akan meningkatkan suhu ruang bakar ditambah kompresi tinggi sudah lebih mudah panas akibatnya bisa menurunkan titik bakar premium dan jika ketemu material yang membara spt klep out, bensin bisa terbakar tanpa ada percikan busi , jika timing tidak tepat gejala ngelitik/ knoking/detonasi bisa saja terjadi.
      jadi menerapkan ini harus tau karakter mesin dan bahan bakar yang digunakan.

  8. Bagus artikelnya om
    Btw itu bisa menaikan berapa hp??
    Sekalian mau tanya anda buka bengkel balap di daerah mana
    Salam dari Surabaya

    • tambah berapa hp-nya ane nggak tahu bro, tapi menurut ane tambahan powernya akan terasa di rpm tinggi
      ane nggak buka bengkel, apalagi bengkel balap, cuma sebagai pns, itu juga sdh lumayan sibuk

  9. lebih mantap mana tuh sama keramik coating..?

  10. Ga fair juga nih Om kalau ga nyebutin efek negatifnya. Saya percaya pasti ada efek negatifnya. *sok tau mode:on 😀

  11. sebelum pake exhaust wrap, lapisi dulu leher knalpotnya pake cat tahan panan, skitar 2x lapisan. baru lilit dah exhaust wrapnya, yg temen ane jg udah lama belum ada karat, so far so good. mesin jd adem. buat honda jg oke-oke aja, diluar sono banyaknya pake Honda pd pake perbann ini..

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: