Ubahan Ke-4 Satria FU Jawara IRS, “ Seting Suspensi Depan “


rahasia-04

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sekali lagi suzuki satria fu menjuarai indoprix kelas 150 cc yang diadakan di sirkuit Skyland Musi Banyuasin. Memang pantas satria fu juara, lha wong pesertanya sebahagian besar satria fu, lainnya cuma 1 jupiter mx 150cc dan 1 vixion. Tapi bukan itu yang menjadi perhatian dalam artikel ini, akan tetapi ubahan ke-4 yang mendukung performa satria fu di indoprix. Ubahan tersebut adalah suspensi depan (ubahan 1,2 dan 3 lihat artikel-artikel sebelumnya).

Dalam gambar di atas terdapat cable-tie warna putih. Biasanya cable-ties tersebut dipasang di pipa sok depan untuk mengukur pergerakan maksimum dari sok depan, dari hasil modifikasi yang telah dilakukan. Dan besarnya ayunan, kekerasan dan besarnya rebound sangat spesifik bagi tiap-tiap pembalap, tidak sama. Oleh karena itu ubahan setingan sok depan harus terukur (salah satunya dengan menggunakan cable-ties tersebut), untuk memudahkan evaluasi dan perbaikan yang kemudian akan dilakukan. Kira-kira apa sih yang diseting dalam sok depan ?…

Mari kita perhatikan apa saja yang mendukung performa dari sok/suspensi bagian depan ini

0 sok depan satria fu

Dalam tabung sok depan terdapat oli dan per/pegas. Pegas akan berusaha bereaksi meredam getaran yang diteriama roda depan. Kemudian pegas akan memberikan rebound, agar rebound tidak terlalu keras maka diberkan damper berupa oli yang bersirkulasi meluar masuk tabung sok melalui lubang suling. Oli juga membantu pegas dalam menghadapi sumber getaran awal yang diterima pegas. Lebih jelasnya bisa dilihat dalam gambar berikut

1 telescopic suspension

Jadi untuk meredam tendangan balik dari pegas oli sebagai damper keluar masuk melalui lubag suling (compression orifices).  Keluar masuknya oli sesuai dengan pergerakan sok. Ketika tabung sok mendem, oli dari bottom sok memasuki tabung, sedangkan ketika terjadi rebound oleh per, oli dari tabung memasuki bottom sok lewat lubang2 sulingan.

2 spring and damper

Dengan melihat prinsip kerjanya maka, ada beberapa modifikasi yang bisa dilakukan untuk men-seting sok depan, yaitu :

  1. Agar suspensi lebih keras, maka tegangan pegas harus diperkeras dengan memberi pengganjal di dalamnya berupa ring tebal beberapa mili.
  2. Kekerasan redaman sekaligus rebound yang lambat bisa dilakukan dengan mengganti oli sok dengan yang lebih kental
  3. Kekerasan redaman dan rebound juga bisa dilakukan dengan memperbesar atau memperkecil lubang sulingannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 26/05/2014, in Motorcycle and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. josss, bebek juara

    ———————
    posisi stang R15 keliatan tinggi, tapi kog kalah nyaman sama cbr 150, ini alasannya

    http://lovemotobike.com/2014/05/26/posisi-stang-r15-sekilas-nampak-tinggi-tapi-kog-tetap-bikin-pegal-kira-kira-kenapa/

  2. klotox klotox

    jos

  3. dari sejak ninja 250 sama cbr250 dulu sempat bingung apa guna kabel tis itu, woh jebulnya alat ukur to, sempat mikir dulu kalau kencang2 apa nggak ngerusak sealnya, jebul cuma buat ngukur, hehhehhee

  4. Di motor vario saya malah dipakai oli shock biasa om, tp dibanyakin batas lengkungan as atas om. Enak tuh om. Murmer, teknik dr temen yg suka omr matic.

  5. cara mudah untuk mngetahui main bebasnya..trlalu lunak bantingan gk stabil, trlalu keras jg krg smooth..ya biar tahu batas max main bebasnya dimana posisi terakhir kabel tis itu max bebasnya jgn sampai mentok T atas bahaya

  6. Kalo gak salah dilihat dari videonya, itu shock depan FU Chia Felix pake Stabilizer shock, biar balance shock kiri dan kanan saat menikung atau dalam pengereman.

  1. Ping-balik: [DIY] Penanganan Masalah Sok Depan Teleskopis | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: