Tuning Accoustic Pada Intake NVL Untuk Menggapai VE 100% [Draft – 4]


tuning runner lenght

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah kita melakukan peningkatan efisiensi volumetrik di bagian klep [baca di sini]. Kemudian dilanjutkan pada bagian noken-as/camshaft [baca di sini], maka langkah selanjutnya adalah menentukan panjang runner. Runner adalah saluran masuknya udara yang panjang diukur mulai mulut corong/velocity stack/ bellmouth sampai pada seating klep-in [artikel lengkapnya ada di sini]. Kira2 gambaran unmum tentang panjang runner adalah seperti ini

Intake Runner LengthUntuk menghitung panjang dan diameter runner yang sesuai dengan power maxnya, maka diperlukan beberapa variabel yang sudah pernah kita peroleh sebelumnya yaitu :

  1. Posisi power maksimum di putaran mesin , N= 11500 rpm
  2. Durasi bukaan klep-in, T = 285 derajad

Dengan menggunakan persamaan di bawah ini, kita bisa mencari panjang runner yang sesuai

L (mm) = 5791 x T / N

Sehingga diperoleh panjang runnernya, L= 5791 x 285 / 11500 = 143.5 mm

Sekarang kita perhatikan runner NVL standarnya,

vixion runner stock

Jika dibandingkan dengan diameter pistonnya, maka panjang runner NVL standar (kira2) 6.5 x diameter piston, atau sekitar

6.5 x 58.7 = 381.5 mm.

Jadi perlu dilakukan pengurangan sebesar

381.5 – 143.5 =238 mm

Jadi karet corong harus dibuang, dan intake manifold harus diperpendek, kemudian di mulut throttle body dipasang velocity stack, yang panjangnya juga termasuk dalam hitungan.

Sedangkan diameter runner bisa dicari dengan menggunakan persamaan dan gambar ini

porting

Porting di belakan masing2 seating klep = o.85 x diameter klep in = 0.85 x 22.5 mm = 19.125 mm

Sedangkan untuk  diameter runner, harus dicari dulu diameter satu klep yang setara dengan 2 x klep-in, dapatnya 31.82 mm. Tapi karena TB dibatasi 30 mm jadi ukurannya mengikuti, jadi diameter saluran runner sebelum TB adalah = 0.85 x 30 mm = 25.5 mm.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 26/02/2014, in Motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. kalau masih standar trus dipotong gimana suhu?

  2. Inginnya mempraktekkan tapi ternyata rumit juga.

  3. intake manifold diperpendek gimana efeknya pak?

  4. Semua bisa diakalin ya joos sebenernya ir dan prof kita,tapi kenapa kita ga punya monas? Pemerintah, ga usah sangkutin pemerintah, pribadi kita aja ga ada jiwa mandiri maaf ya oom.. !

  5. otak sudah dcuci japan bro,, jk bkn motor jpn kualitas juelekkk…dmari tdk ada yg mau brfikir maju maunya gegeran adu bacot…krn cuma adu bacot bisanya , trus mau adu skill??? malah BC nya yg dgedein…ibarat anjing berebut tulang (gk ada untungnya)

  6. oo gitu tho…

    (pura pura paham)

  7. efek kalo motong kebanyakan gimana bro

  8. percuma NVL di korek juga, pasti keok ama DOHC std…

  9. dulu ada kawan yang potong habis karet corong di box air filter

    oke awal jadi joss
    lama2 kog malah loyo

    apakah yg sebenarnya terjadi?

  10. bisa jadi..

    tapi apa ya alasan logis pabrikan desain corong karet itu kalo lebih efektif dibuang

    • untuk mengoptimalkan torsi dan power di rpm rendah,
      kan motor NVL aslinya memang bukan untuk balapan, tapi untuk digunakan se-hari2 jadi harus nyaman dan irit

      • setelah corong dibuang semua, VE naik,
        nah apa AFR ga tambah lean ya?

        atau mungkin ini penyebab kasus yg saya maksud?

        • seharunya dilakukan setting ulang co untuk mengimbangi peningkatan jumlah volume udara yang masuk

          • wah..
            terimakasih atas pencerahan suhu

            tapi menentukan co yg tepat gimana ngitungnya tuh?

            klo di nvl apa juga perlu set co, kan udah close loop

          • kalau nvl memang sudah close loop, jika VE naik sedikit, perbandingan yang seimbang masih bisa dicover oleh sistem
            tapi kalau sdh ekstrim seperti buat balapan, ECU ori disimpen aja, ganti dengan ECU racing yang timing dan co bisa diseting ulang

  11. iko dovizioso

    Saat ini nvl ane pke 02 manipulator trs gergaji corong cover box filter(filter std) mnrut agan2 prlu potong karet TB gak ya

  12. ijin obrak abrik file om….

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: