[ECU] Memulai Perhitungan Derajad Pengapian dari Tanda-tanda yang Ada di Magnet / Flywheel


mapping ignition timing

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Bersamaan dengan telah sampainya tahap pemrograman microcontroller pada Programmable CDI (cikal bakal ECU) yang ane rancang, saat ini memasuki tahap penghitungan derajad pengapian maksimum yang memungkinkan. Jarak derajad pengapian (spark advance) tersebut, sesuai dengan jarak reluctor (pickup / tonjolan pada magnet) dengan T (top / top death center). Lalu bagaimana mengukurnya ? Ikuti langkah berikut…

Langkah2 nya adalah :

1. Lepaskan tutup pengintai dan tutup poros magnet dengan menggunakan ring yg dijepit tang (jangan menggunakan obeng)

menentukan timinm max

2. Gunakan kunci sok 14, kemudian putar magnet  ke kiri, nanti dilubang intip akan terlihat tonjolan reluctor, juga tanda top.

3. Beri tanda pada saat terlihat tonjolan depan, belakang, F dan T, kemudian hitung derajad-nya.

putar magnet

Kira2 posisi reluctor, F dan T tampak seperti gambar berikut

digram waktu pengapian

 

Setelah diketahui jarak2 nya (dalam derajad), kemudian baru diperhitungkan timing advance-nya. Miaslnya :

1. Panjang reluctor =  38 derajad

2. Jarak ujung depan reluktor sampai T = 100 derajad

3. Jarak F ke T = 15 derajad

Berarti jarak terpanjang antara pulser positif dengan F adalah 85 derajad.

Kemudian jarak derajad tersebut, diubah menjadi detik. Perubahan ini sangat tergantung dari rpm, semakin tinggi rpm, pada derajad yg sama waktunya semakin singkat. Dari waktu ini kemudian dikonversi menjadi clock, yang difahami oleh microcontroller, mengenai pemabuatan advance timing map (peta waktu pengapian), kita lanjutkan diartikel berikutnya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 23/11/2013, in Motorcycle and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: