Tingkatan Pembesaran Pipa Knalpot Racing, Ada Gunanya Atau Hanya Sekedar Hiasan ???


stage effect

Assalamua’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Halo bro semua !

Kemarin kita sudah ngobrol2 tetang leher knalpot (pipe header), padahal di knalpot masih ada bagian lain yaitu silincer/muffler dan pipa penghubung antara header dan silincer yang sering terlihat bertingkat. Lalu apa gunanaya bagian tersebut ?

Exhausts_pipe

Kalo menurut Hiroshi Kida, peningkatan diameter pipa dalam beberapa tahap akan mampu meningkatkan power. Coba lihat grafik berikut (contoh pipa knalpot bebek balap)

three stage effect

Tetapi karena panjang pipa header sudah kita tentukan dengan rumus terdahulu, (menurut ane) maka peningkatan2 diameter pipa hanya berefek pada putaran mesin yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena pembesaran pipa akan menghasilkan kevakuman yang berfungsi sebagai penghisap campuran bbm+udara agar lebih cepat masuk ke dalam silinder. Dan hal ini bisa berlangsung jika didukung oleh konstruksi “overlap” camshaft yang sesuai. Panjang dari masing stage dapat persentasi-kan dibandingkan panjang pipa total

stage 1 (header pipe) = 65 % x panjang pipa total

stage 2 (step 1) = 20% x panjang pipa total

stage 3 (step 2) = 15% x panjang pipa total

Yang harus diperhatikan adalah panjang pipa total dicari dengan menggunakan rumus yg sama ketika kita menginginkan pada rpm yng lebih rendah bisa mendapatkan power yang optimum (bukan maksimum,lho). Sedangkan taper dapat berfungsi sebagai “megaphone” yang juga akan memberikan efek peningkatan power (nanti dilain artikel kita obrolin).

Kira2 segitu dulu bro, pengaruh peningkatan diameter pipa knalpot, mulai dari header pipe sampai silencer. Mohon ma’af kalo ada yang salah, kepada suhu2 yang lebih faham, mohon koreksinya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 06/10/2013, in Motorcycle and tagged , , , . Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. Muantap ilmu nya mas bro… Ijin bookmark…

  2. Pertamax,
    Untuk motor 2 tak beda hitungan x

  3. bro numpang nanya, knalpot yg ke-2 dri atas & pling bwah itu brand apa ya?

  4. ditunggu ulasan buat 2 tak om.

  5. Scientific banget. Mencerahkan, mantap!

  6. Siiiipp jadi bisa hitung knalpot yg sdh d pake, apakah bnr2 pengaruhi performa mtr, makasih mas

  7. mau tanya bro,
    banyak step pembesaran harus 3 atau bebas bro ?

  8. I am not sure where you’re getting your information, but great topic.

    I needs to spend some time learning more or understanding more.

    Thanks for wonderful information I was looking for this info
    for my mission.

  9. What a material of un-ambiguity and preserveness of precious experience regarding unexpected emotions.

  10. Baca ini baik2 jd makin bingung desain knalpotnya seperti apa walaupun spek kem brt nya udah jelas bgt… XD

  11. ooh ternyata klo knalpot racing bikin tarikan motor jadi ngempos berarti diameter pipanya terlalu besar ya bro? jadi kurva peak powernya terlalu ke kanan ya?

    http://chirpstory.com/li/19664

  12. Untuk Penghitungan tapernya gimana min ?
    kok ngga ada perincian rumusnya ?

    thx min

  1. Ping-balik: Mudah bin Gampang Merancang Knalpot Racing, Caranya ???? | motorgoodness

  2. Ping-balik: Motor 2Tak Never Die, Memahami Konstruksi Knalpot Racing 2Tak | motorgoodness

  3. Ping-balik: CB150R Racing… “Sang Penakluk”… Bertenaga Lebih dari 32 HP | motorgoodness

  4. Ping-balik: Langkah2 Membangun “Sang Penakluk” CB150R Full-Race 32 HP [Bagian 2] | motorgoodness

  5. Ping-balik: Merancang Knalpot Free Flow Buat CBR 250 | motorgoodness

  6. Ping-balik: “Rancang Ulang Header Knalpot” Maksimalkan Pembuangan NVL Racing Indoprix [ Draft - 5 ] | motorgoodness

  7. Ping-balik: Ubahan Ke-1 Satria FU Jawara IRS, Knalpot | motorgoodness

  8. Ping-balik: Ubahan Ke-1 Satria FU Jawara IRS, Knalpot – UratMalu

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Safety Riding | Touring

Jagat Motor

Info Terkini dan Opini Seputar Dunia Otomotif Indonesia

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog Otomotif | Motor | Mobil | MotoGP

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

rideralam.com

an auto-sport blog

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

the motorbike goes by skill or you get killed

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

The Green Blog

Motorcycle

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: