Dani Pedrosa Ndlosor Gara-gara Traction Control (TC)-nya Rusak. Sebesar itukah Pengaruh TC Terhadap Nasib Pembalap MotoGP????


dp selip2

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Ramai diperbincangkan oleh penikmat dan pengamat MotoGP mengenai ndlosornya/crash nya Dani Pedrosa (DP) pada pergelaran MotoGP Aaragon 2013 kemaren sore. Banyak pengamat yang terlalu cepat memfonis DP terlalu cepat buka gas, sehingga high-side, selip kemudian ndlosor, karena salah sendiri. Akan tetapi melihat kejadian secara live, terlihat sedikit sentuhan antara MM dan DP, yang mana MM menghindar sedangkan DP tdk terlihat terpengaruh. Tapi setelah beberapa meter di tikungan, baru dah DP mengalami slip, dan ternyata senggolan MM menyebabkan sensor kecepatan ban belakang DP sebagai masukan sistem Traction Control (TC), rusak (kabelnya putus). Ya, pastilah TC error, dan torsi ban belakang nggak terkontrol, melebihi kemampuan pencengkraman ban belakang, ndlosor dah.

Sebenernya Apa Sih TC ? Dan bagaimana Prinsip Kerjanya ? Bagaiman Pengaruhnya ?

Sebuah sistem traksi kontrol ( TC system ) ,  biasanya (meskipun tidak selalu ) berfungsi sistem sekunder dari sistem pengereman anti-lock ( ABS ) pada kendaraan bermotor. Sistem ini dirancang untuk mencegah hilangnya traksi pada roda terhadap aspal/jalan . Sistem ini aktif jika terjadi mis-matched antara kecepatan roda belakang dengan kecepatan yang seharusnya, dan hal ini diterjemahkan sebagai kondisi selip/slip antara ban dan permukaan jalan, sehingga ban tidak mampu menyalurkan torsi diterapkan. Hal ini dikarenakan bidang sentuh (patch) ban dengan aspal memiliki luasan yang berbeda, diamana ban dirancang untuk menghasilkan cengkraman maksimum saat kemiringan tertentu, untuk menghindari slip. Perbandingan patch roda terhadap kemiringan motor seperti gambar berikut

Traction-Control-Contact-Patch

Terlihat bahwa cengkraman maksimum ban saat kemiringan 35-40 derajad, dan hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena saat itu cengkraman ban harus menahan gaya sentrifugal ke arah luar, jika sudut terus membesar, maka cengkraman akan mengecil dan traksi ban akan “kalah” melawan gaya sentrifugal, sehingga terjadi selip. Untuk itu maka perlu dikontrol, sebelum selip berlanjut, sistem TC aktif, torsi mesin berkurang, gaya sentrifugal turun, slip-rate turun, nggak jadi ndlosor.

Posisi TC pada sepeda motor seperti tampak pada gambar berikut

Traction Control system in motorbike

Secara detil yang ada di ban

traction-control front

dan otak dari TC

traction-control

Kemudian TC dapat melakukan pengontrolan traksi dengan beberapa mekanisme yaitu:

1 . Mengurangi performa engine dengan menurunkan pasukan campuran bbm+udara ke dalam silinder. Bisa saja dengan mengurangi/mematikan injeksi bbm ataupun menurunkan tekanan booster (bagi yng menggunakan turbo) pada satu atau lebih silinder,sehingga dengan cepat menurunkan torsi dalam waktu  kurang dari 180 derajat putaran crankshaft pada mesin 4 – silinder. Pengaturan bisa dilakukan untuk menurunkan torsi  0 hingga 100 % , tapi untuk mesin 4 – silinder, langkah penurunan torsi maksimal hanya 25 % per silinder dalam satu siklus mesin.

2 . Memundurkan ataupu mematikan pengapian, hal ini dapat dengan cepat menurunkan torsi mesin. Meskipun tidak menyebabkan mesin macet,  kemampuan penurunan torsi tebatas maksimal  20 % .

3 . Menutup throttle secara  elektronik, teknik ini menawarkan hasil yang baik baik , dengan tingkat penurunan torsi  0 hingga 100 %, tetapi biasanya memiliki respons yang lambat .

Kira2 sistem TC yang menggunakan mekanisme mematikan waktu pengapian, dapat digambarkan dalam diagram blok di bawah ini

Traction Control system2

 

Untuk kasus senggolan DP dan MM, karena kabel antara sensor dan TC putus, maka TC tidak merespon, sedangkan DP tetap mengendari motor deperti biasanya, gas poolll, akhirnya selip karena TC non-aktif

Dan traksi conroller-nya kira2 kayak gini

TC architecture

Dari kecepatan sensor ban depan dan ban belakang, akan dilakukan perhitungan dan prediksi oleh MK untuk menganali kondisi slip, kira2 grafik beda kecepatan ban depan dan ban belakangnya, seperti ini

news_tcs06

Kejadian yang mungkin adalah, hard braking saat menuju tikungan seperti gambar diatas, yang mana TC akan memperkirakan bahwa kecepatan yang seharunya (garis biru), masih dianggap normal, karena kecepatan ban belakang normal. Kejadian yang lain adalah saat buka gas di tikungan, dimana kecepatan ban belakang naik secara tiba2 dibandingkan ban depan (terjadi slip di ban belakang), seperti gambar di bawah ini, maka TC akan melakukan aksinya meng-koreksi slip yang terjadi.

Traction Control graf

Salah satu mekanisme meng-koreksi slip-rate, adalah dengan mematikan busi, sehingga power bisa langsung terkoreksi, seperti gambar berikut.

TC output

Jika semua berjalan sempurna, maka slip rata akan berada di daerah aman (garis – bintang hijau)

Šî–{ CMYK

Dan ini yang bisa disaksikan, rear wheel drive

stoner3_original

Sedangkan jika terjadi error pada sistem TC, atau kemiringan ban melebihi batas kerja TC, maka ini yg terjadi

MM selip

Dan yang ini menyebabkan pembalap lain apes

dp selip nyenggol NH

 

Sampai disini obrolan kita tentang Traction Contro System, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 30/09/2013, in Motorcycle and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 30 Komentar.

  1. dampak negatif dari tekhnologi tinggi,balik ke era manual lagi,biar ketahuan rider yang bener-bener memiliki kemampuan siapa…. hihihihi

  2. kueren yo

  3. ya begitulah balapan era modern..
    pembalap diberi banyak kemudahan, tinggal buka tutup gas & mainkan rem..
    selebihnya biar perangkat elektronik yg bekerja.
    bandingkan dengan balapan era 2tak atau awal2 motogp 4tak.
    banyak pembalap berjatuhan gara2 tidak bisa mengontrol bukaan gas..

  4. terlalu canggih…lama-lama skill rider bisa terkalahkan tekhnologi…

    http://bakulkangkungjpr1.com/2013/09/30/apa-komentar-rossi-soal-insiden-marquez-pedrosa-di-aragon/

  5. waw… ternyata sangat besar pengaruhnya…

    • bener, semakin banyak perangkat elektronik membantu pembalap, semakin besar ketergantungan pembalap kpd alatr tsb. kalo rusak sedikit, ngadat dah motor.

  6. manteb mazbro, ilmu yg bermanfaat.., trus kl gaya balap stoner, kira2 dominan mn?limit power krn TC ato, style pecicilanny stoner??!

  7. ya itu minusnya teknologi,plusnya si buat keamanan.

  8. sangat bermanfaat mas bro…mksh penularan ilmunya….
    aku jadi setuju sama stoner nih….

  9. Selemah itu kah sistem traction control?
    It failed with the slightest touch.

  10. Besar pengaruhnya tapi kok keliatan banget y kabelnya, pdhl pake pelindung lagi biar aman … imho…
    Thx bro ilmunya,

  11. pengguna shincan

    asal bro tau….. nvl itu jg ada traction controlnya…. merk nya NYOnya…. miring diatas 30 drjat udah dipastikan ada indikator merah dipinggang aka di cubit…. :mrgreen:

  12. teknologi tinggi ad plus minusnya kalo diterapin di motgp, dari segi keamanan lebih bagus, cuma dari segi penonton jadi kurang seru. Moga aja bisa di ambil jalan tengah seperti yang terjadi di F1. Tapi tahun ini tontonan cucukcucukran di motogp udah semakin seru kalau semua elektronik tahun depan disamain semua bakalan lebih seru lagi…

    http://tokounix.com/3-daster

  13. m
    a
    n
    t
    a
    a
    a
    b
    b
    b
    b

  14. Feel dan Skill pembalap menjadi tidak terasah dengan ketergantungan perangkat elektronik yang makin banyak. Plus, kesenjangan teknologi pabrikan yg notabenenya lebih mampu membeli teknologi in dari tim2 kecil semakin besar, hasilnya ketidakkompetitif-an sebuah kompetisi. CMIIW

  15. I was curious if you ever considered changing the layout of your blog?

    Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a
    little more in the way of content so people could connect with it better.
    Youve got an awful lot of text for only having one or 2 images.
    Maybe you could space it out better?

  16. What’s up every one, here every person is sharing these knowledge, therefore
    it’s nice to read this web site, and I used to visit this weblog daily.

  17. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your site, how could i subscribe for a blog site?
    The account aided me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright
    clear concept

  18. My brother suggested I might like this web site. He was
    once totally right. This post truly made my day.
    You cann’t believe simply how a lot time I had spent for this information! Thanks!

  19. I like the valuable info you provide on your articles.
    I’ll bookmark your weblog and check again right here regularly.
    I am rather certain I will learn lots of new stuff right here!

    Best of luck for the following!

  20. thanks.. penjelasannya komplittt 😀

  1. Ping-balik: MotoGP: Pasca Crash, Pedrosa Baik-Baik saja…. | Jalan Berkarisma

  2. Ping-balik: [MotoGP] Salah Satu Rahasia Suksesnya Marc Marquez, Mengurangi Peran Kontrol Traksi | motorgoodness

  3. Ping-balik: [MotoGP] Salah Satu Rahasia Suksesnya Marc Marquez, Mengurangi Peran Kontrol Traksi - OTOMOTIF | OTOMOTIF

  4. Ping-balik: Optimasi Performa Motor Selain VVA, Variable Intake-Exhaust Tuning | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Safety Riding | Touring

Jagat Motor

Info Terkini dan Opini Seputar Dunia Otomotif Indonesia

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog Otomotif | Motor | Mobil | MotoGP

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

rideralam.com

an auto-sport blog

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

the motorbike goes by skill or you get killed

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor dah Itu Aja

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

The Green Blog

Motorcycle

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: