Mengukur Kualitas Pembakaran Mesin dengan Menggunakan Dynojet Wideband Commander


WBC_Screen_gut_Kopie

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan.

Mengawali penelitian ane mengenai optimasi pembakaran mesin berbahan bakar ethanol, salah satu tahapnya adalah pengukuran kinerja mesin standart, dengan mengukur kandungan oksigen hasil pembakaran. Jika kandungan oksigen besar berarti campuran miskin dan jika kecil berarti campuran terlalu kaya. Alat yang digunakan adalah dynojet Wideband Commander, dengan sensor utamanya adalah sensor oksigen yang dipasang di hulu knalpot dan sensor rpm yang dipasang di masukan koil pengapian.

Alatnya waktu masih dalam kotak, kayak gini

dynojet1

kalo dibuka isinya

342_____wb1

wah ruwet juga nih, dan yang nyusahin masang drat buat sensor oksigen

plug sensor o2

 

Jadi knalpot harus dibor, kemudian drat rumah sensor oksigen dilas di atas lubang tersebut. Drat nya kira seperti ini

drat sensor

 

Kemudian saat sensor oksigen dipasang, harus rapat sehingga ditambahkan sebuah ring tembaga

ring tembaga2

 

Dan kalo dah selesai ngukurnya, bisa disumpel pake baut ini

baut sumpel

 

 

Kemudian tampilannya dapat berupa grafik (di judul artikel) dan penunjuk analog untuk AFR.

Dynojet-Wide-Band-Commander

Dengan mengetahui kondisi nilai AFR di setiap rpm (dengan bin 500 rpm), maka dapat dilakukan seting lanjutan untuk mengoptimasi pembakaran yang terjadi dengan cara mengatur debit udara (design ulang porting intake), mengatur debit bensin (pengubahan jet/spuyer) dan mengatur waktu pengapian.

Kepada bro semua serta suhu2 yang kebetulan pernah menggunakan alat ini, ane secara probadi mohon bimbingannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 26/09/2013, in Motorcycle and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. gx mudeng uy…

  2. Yang versi murah ada, pernah liat di ace hardware malang. Merk auto meter, under 500rb

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

rideralam.com

an auto-sport blog

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: