Plat Dudukan Sok Breker Belakang Supra X 125 Bengkok, Salah Satu Kelemahan Honda Supra X 125 yang Membahayakan.


seing arm supra125

Assalamu’alaiku wR. wB.

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat selama di perjalanan sampai ke tempat tujuan.

Motor bebek (semua merek) biasanya digunakan untuk angkut2, baik antar jemput anak, kulakan dagangan, beli 1-2 sak semen bahkan ane pernah liat buat kulakan sekaligus jemput 3 orang anak sekolah. Bener fungsional walaupun sangat membahayakan. Terkait dengan seringnya motor bebek digunakan untuk menganggkut muatan di luar batas kemampuannya (overload – overweight), maka yang pertama harus menahan beban adalah kaki bagian belakang ( sok breker, swingarm dan roda).

Nah ane punya pengalaman nggak mengenakan nih pada suprax125, udah berkali2 (juga terjadi pada grand dan prima), yaitu plat dudukan sok breker belakang bengkok. Hal ini mungkin disebabkan oleh beban yang sangat berat yang harus ditahan motor dalam waktu yang lama dan kondisi jalan yang rusak.

dudukan sokbreker belakang

Kira2 gambarnya kalo dilihat dari ujung belakang swing-arm suprax125. Baut dudukan sok breker std/ori warna hitam, dan yang bengkok/miring warna merah (baut nya lurus, yang bengkok plat besi penahannya)

Resiko dari kasus ini bisa ringan, bisa juga sangat berat.

Resiko ringan jika menggunakan sok breker ori, karena konstruksi karet bushing  yang sedikit mengecil dibagian tengah sehingga, ketika terjadi kebengkokan, sok tetap tertahan di bushingnya. Meskipun demikan bushing akan cacat, karena menerima beban yg tidak simetris, begitu pula dengan as sok breker akan baret, oli rembes dan lama2 kelamaan efek damping-nya akan hilang.

sokbreker suprax125

Bushing karet (nomor 2) diameter tengahnya lebih kecil dari pingir2nya, begitu pula dengan konstruksi lubang pangkon sok-nya. Sehingga saat memasukkan karet bushing ke lubang pangkon sangat sulit, begitu pula saat ingin mencopotnya.

Resiko berat, (yang ini baru saja terjadi pada suprax125, ketauan saat ane nyervis). Jika menggunakan sok breker after market (imitasi), yang konstruksi busingnya simetris/lurus, sehingga saat baut dudukannya bengkok, maka pangkon sok akan selip bahkan bisa copot  (jawa: ucul), sementara busing masih tertahan ring-mur pengunci (nomor 6 dan 5). Bisa dibayangin kalo yang copot satu, maka motor akan oleng, dan swing arm akan bengkok, rante bisa putus dll, intinya sangat berbahaya.

Kalau dilihat konstruksi dudukan sok breker belakang pada swing arm supraX125 (gambar swing arm suprax125 yang tampak di judul artikel) , baut dudukan sok breker belakang (lingkaran merah) hanya ditahan oleh sebuah plat besi tebal, dengan konstruksi seperti ini menjadikannya mudah bengkok. Sedangkan merek2 lainnya yang sekelas, seperti jupiterz, shogun125 dan zx130 memiliki konstruksinya yang lebih baik, seperti tampak di bawah ini.

seing arm jupiterZ 

Swing arm jupiterz, baut dudukan sok breker belakang ditahan oleh dua plat besi yang menjepit pangkon sok breker.

swing arm shogun125

Swing arm shogun125, baut dudukan sok breker belakang juga ditahan oleh dua plat besi yang menjepit pangkon sok breker.

swing arm zx130

Yang unik adalah swing arm zx130, baut dudukan sok breker kiri ditahan oleh dua plat besi yang menjepit pangkon sok breker, sedangkan yang kanan (lingkaran oranye) mirip suprax125. Tetapi pada zx130 diberi penguat berupa tekukan plat di sisi2nya sehingga sangat sulit untuk bengkok. Keunikan yang lain adalah swing-arm zx130 dijepit oleh rangka (frame), sehingga memberikan kontribusi yang besar terhadap kestabilannya.

Lalu bagaimana mengatasinya ? Masa harus ganti swing arm ?

Nggak perlu sejauh itu bro, cara mengatasinya gampang banget, meskipun tidak menyelesaikan 100% permasalahan. Langkah2nya :

  1. Meluruskan kembali baut yang bengkok/miring, dengan menggunakan pipa besi (sebelumnya mur-nya dipasang dulu, agar drat tidak cacat)
  2. Setelah sok breker terpasang, tambahkan ring tebal yang cukup lebar (lebih lebar dari lubang pangkon sok) sehingga meskipun baut sok miring, sok tetap akan tertahan oleh ring tersebut.

tambah ring lebar

3. Jangan bawa beban berat2, bisa dihitung berat beban maksimal dengan persamaan berikut berat beban yg diangkut/boncenger= kekuatan angkut ban depan+belakang-(bobot motor+bobot rider) .

Kira2 ini yang bisa ane share buat bro2 semua, pembaca yang budiman. Mudah2an bermanfaat.

Lebih-kurang nya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 13/07/2013, in Motorcycle and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. joss analisanya . . .

  2. Honda sekarg emang mentingin irit doang sama kualitas tempe heheehh,,,

  3. tmen q servis vario d ahas mlah mur shock absorber na lupa g d psang, untg g lpas d jln shok na

  4. honda revo 100cc yg bodinya serba lancip jg bagus lho gan.. lbh minim getar dibanding absolute revo yg jadi penerusnya IMHO
    sayang masa edarnya cuma bentar..

    • kalo masalah body, ane rasa honda revo 100cc paling ok, ane aja pengen punya, meskipun second. Sekalian bernostagia saat bawa saudaranya si grand -black astrea.

  5. wasisimmortal

    Persis kejadian di motorku, pas di bawa lintas sumatera

  6. supra ane untung belum 😀
    mantabh splusinya suhu

  7. sbenernya beli supra 125 rencana buat angkut2 barang ke pasar…pikiran saya kalo honda kan terkenal irit apalgi ini 125 cc pasti tenaganya mantap…tapi klo kenyataannya dudukannya bisa bengkok ya takut jika dipake buat muatan berat

  8. grand saya swit arm nya aman aman aja
    cuman aga miring sedikit jadi saya ganti sama arm supertrack
    arm orinya di gantung di gudang itu pengalamanku

  9. Bang Bro, kalo mengatasi baut dudukan shock belakang supra yang slek gimana caranya ya….

  1. Ping-balik: Perubahan Positif Pada Swing Arm SupraX125 FI | motorgoodness

  2. Ping-balik: Salah Satu Kelebihan New SupraX 125 FI yang Luput dari Pengamatan | motorgoodness

  3. Ping-balik: [DIY] Modif Ringan New Vixion Buat Rider dengan Tinggi 165cm, Lebih Nyaman | the motorbike goes by skill or you get killed

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: