[DIY] MendekinTinggi Sadel (Seat High) P180UG4, Tanpa Papas Busa Jog


my p180ug4

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Terkendala dengan tinggi badan yang pas2an, mau nggak mau kita harus kreatif dalam mencari solusi terkait motor idaman yang ketianggian tempat duduknya. Banyak cara yang bisa ditempuh, baik dengan menurunkan sok belakang (pernah ane bahas disini), menurunkan sok depan, modif sadel dll. Nah kebetulan ane pernah menangani kasus kayak gini di P180UG4 ane, tinggi ane 165cm, untuk kondisi motor original, kaki jinjit balet, sampai tinggal 2-3 jari kaki saja yang napak tanah (dengan 2 kaki). Sementara itu posisi rider lumayan nunduk, bikin pegel pergelangan tangan, pundak dan pinggang. Oleh karena itu ane berinisiatif untuk modif p180 agar lebih nyaman buat ane.

Beberapa pilihan bisa dikerjakan dalam memendekkan p180 (hasil brosing di internet), diantaranya :

  1. Mendekin sok belakang
  2. Papas busa jog
  3. Mendekin sok depan
  4. Ganti roda + ban

Langkah pertama  yang ane ambil adalah ganti sok belakang dengan sok imitasi gl-pro lawas, langkah ini paling gampang dan kebetulan ada stok sok glpro bekas (bekas modif suprax125). Tinggi langsung turun 5cm, tapi posisi masih sedikit nunduk. Kemudian ane lanjutin dengan modif jok agar menjadi lebih nyaman. Dengan mempertimbangkan kenyamanan duduk, maka ane nggak memapas busa jog, trus gimana cara mendekinnya ??

Sebelum memulai ada baiknya kita lihat bagian2 jog yg akan kita modifikasi

jog bawah

Dan inilah langkah2 nya :

1. Kurangi ketinggian karet pengganjal (lingkaran merah), yang terletak di bawah pangkon plastic jog

karet pengganjal

2. Kikir besi pengunci jog (lingkaran biru), karena bagian ini menghalangi jok untuk turun.

stut pengunci

Batas coakan besi pengait ori warna kuning, setelah dikikir warna hijau. Jadi coakan lebih tinggi dan jog bisa lebih turun.

3. Membalik karet pengait  yang membungkus lidah jog (lingkaran kuning), karena bagian atas dan bawahnya memiliki ketebalan yg berbeda.

karet lidah

Sampai disini modif nurunin tinggi jok p180 tanpa memapas busa, yang jga bisa dilakukan untuk memperbaiki ergonami duduk rider, dan pada motor lain mungkin berbeda. Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alikum wR wB.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 07/07/2013, in Motorcycle and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. mantab tipsnya . . .

  2. Siipp…

  3. Oke mas brow

  4. Adhitya Ramadian

    saya juga tinggi cuma 165cm pake ug4, tapi kelima jari kaki napak kok

    btw nice share

  5. P220 saya malah malah saya tinggi in . Hehe biar lebih sporti krna pake full fairing. Tinggi ane 178

  6. Browsing the web is just one of the advantages of smartphone use,
    but a very important one for countless users. Thanks to the Android OS, there is the
    standard package of Google features, along with access to the Android Market.
    The android operating system works alongside a Qualcomm Snapdragon processor (1 GHz),
    a very popular combination of technologies, which is testament to the user experience
    it provides.

  1. Ping-balik: [DIY] Tinggi P200NS Bikin Grogi Calon Pembeli, Nggak Usah Khawatir….Yok Diakalin | motorgoodness

  2. Ping-balik: [DIY] Modif Ringan New Vixion Buat Rider dengan Tinggi 165cm, Lebih Nyaman | the motorbike goes by skill or you get killed

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: