[DIY] Membongkar Gearbox Honda Grand Bagian Kiri (Magnet)


tutup bak

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat dalam perjalanan sampai tujuan.

Artikel ini sebagai pelengkap artikel sebelumnya, yang udah lama banget yaitu membongkar silinder dan head, dan membongkar bagian kanan (kopling) mesin honda grand. Ane berharap bisa memotivasi bagi bro, yang pengen praktek bongkar pasang mesin motor yang paling sederhana (mungkin), yang mana saat ini dah jarang keliatan di jalanan (padahal jumlah nya jutaan lho di Indonesia mulai dari astera star-prima-grand-legenda-supra-revo). Ok kita mulai saja bongkar mesinnya

1. Siapkan kunci, wadah, lap, bensin, sabun colek dll

2. Buka semua baut pengikat bak dengan menggunakan kunci sok 8, lepas konektor indikator gigi dan spul, cabut penutup bak kiri (magnet) hati2 usahakan gasket nggak robek, sehingga tampak seperti gambar berikut

magnet flywheel

 

3. Lepas mur pengunci dan ring washer magnet (flywheel), magnet di pegang oleh flywheel holder. Kalo nggak ada, cari sepotong besi (obeng, kunci sok model T dll) ganjal pada bagian  tonjolan pulser magnet.

lepas baut pengunci magnet

 

4. Tarik magnet dengan menggunakan alat khusus/tracker, jangan lupa ambil spi/pasak magnet, bentuknya kecil, hati2 ilang, atau tempelkan saja pada magnetnya.

tarik magnet

 

5. Setelah magnet copot, tinggal mencopot gir set elektrik starter. Gir kecil dikunci dengan snap-ring, lepas dengan menggunakan tang khusus. Gir besarnya dikunci dengan stopper, lepas baut penguncinya. 

rante elektrik starter all

 

6. Lepas gir-set rantai elektrik starter beserta pembimbing dan pelindung rantai. Nah sekarang bagian bak kiri dah kosong.

terlepas semua

 

Sampai disini selesailah kegiatan bongkar bak kiri (sebagian langkah bongkar girbox) honda grand. Kombinasi bongkar kepala silinder dan bongkar bak kiri (magnet) adalah langkah awal pada proses penggantian rantai kamprat/timing chain. InsyaAllah akan dibahas di artikel berikutnya.

Semoga bermanfaat, mohon maaf kalo ada kekurangan dan kesalahan, bagi suhu-suhu bengkel-er mohon koreksinya.

Wassalamu’alaikum wR wB.

 

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 09/06/2013, in Motorcycle and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 16 Komentar.

  1. pengin bongkar di rumah, tapi gak punya tracker-nya 😦
    nice article btw

  2. Pakai shampoo boleh?

  3. Suenang dapat info maz bro,

    sedikit usul,kalo ga keberatan:
    kalo mo bongkar2 pan perlu alat tuh,gimana sst nya difoto susun juga maz bro (kaya foto keluatga hihihhi….)
    makasih……….

  4. iimam prasetyo

    assalamu alaikum,
    saya punya permasalahan nech, tutup bak (pada postingan ini ada pada gambar skema yang paling atas) pada tutup yang sebelah belakang itu kan ada dua baut, atas sama bawah. waktu servis motor kemaren kata mekaniknya baut yang atas itu dah mo rusak drat (ulirnya) nah, celakanya baut yang bawah itu udah patah bautnya dan patahannya tertinggal di dalam. saya mau tanya apakah hal ini bisa diperbaiki? kalo iya bagaimana caranya?

  5. beli trackeR nya dimana bang

  6. cara masang magnetnya g mana

  7. Anda juàl holder kiri grand .?kalo ada hub sy d 081357311444

  8. gan, ane mau tanya nih (maklum newbie soal mesin)..gini gan pada mesin supra x 100D ada berapa bagian ( maksudnya pada tempat kedudukan busi, dan tempat piston) apa ada 2 bagian ditempat itu dan apa namanya gan.. karena ini tempat kedudukan busi sudah aus gan…mohon pencerahan

  1. Ping-balik: Belah Mesin Bebek C100 Series, Siapa Takut? | motorgoodness

  2. Ping-balik: [DIY] Lebih Rinci dan Mudah Ganti Rante Mesin (Kamprat) Bebek (Honda C100) | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Racing, Adventure, Safety Enthusiast

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: