Tes Akselerasi dan Top Speed New Vixion Ligthning


NVL gold

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera buat kita semua, brother sekalian. Semoga kita selalu selamat di jalan.

Sebelum membaca artikel ane kali ini, ane berharap artikel ini bisa memuaskan rasa penasaran rider NVL juga rider lainnya, mengenai akselerasi dan top speed NVL di jalan raya, tanpa harus mencoba sendiri di jalan raya.

Sudah banyak yang membahas mengenai performa NVL seperti yang ada disini, dan komparasinya disini, akan tetapi sebagian besar mengacu pada rpm yang dijadikan variabel bebasnya (sumbu-x). Nah sekarang ane mau mengulas tentang performa NVL mengacu pada video youtube yang sempet di sajikan dalam komentar bro dide disini. Dari video tersebut (dengan berasumsi bahwa kondisi jalannya kosong, lurus dan panjang, motor standar, berat badan rider standar), ane coba meringkas performa NVL dalam bentuk tabel dan grafik, dengan variabel bebasnya adalah waktu (detik).

tes NVL outdoor

Terlihat di tabel, bahwa akselerasi maksimum bukan di putaaran bawah, akan tetapi di putaran menengah saat kecepatan 91-102 kpj, yaitu 5,5 kpj/detik atau 1,528 m/detik kuadrat. Setelah itu akselerasi langsung turun dan terus turun mendekati 0,333 kpj/detik, atau kalau dirasakan kecepatannya naik dengan sangat lambat. Atau biar lebih jelas, lihat 2 gambar dibawah ini

kecepatan NVL

Terlihat lebih jelas di grafik bahwa NVL untuk mencapai 120 kpj, relatif cepet, cuma butuh 32 detik dan jarak 617 meter

akselerasi NVL

Dari grafik ini juga tampak bahwa bahwa akselerasi terus melonjak sampai pada pada kecepatan 102 kpj (sangat terasa jambakan setan nya) setelah itu akselerasinya turun drastis. Pada topspeed 131 kpj terlihat akselerasi mendekati 0, alias dah sangat susah naik, bahkan kadang turun jadi 130 kpj. Dan menurut beberapa blogger dengan menggunakan acuan GPS yang bermacam2, simpangan topspeed terhadap GPS antara 5-7%. Ambil saja nilai tengahnya 6%, maka topspeed NVL di GPS ada di sekitar 123 kpj.

Dan jika dibuat grafik yang menghubungkan kecepatan yang dicapai dengan jarak yang ditempuh, maka akan tapak seperti grafik ini

kecepatan vs jarak

Data dan analisis ini sifatnya subjektiv, karena hanya menggunakan data satu pengujian dan satu rider. Meskipun nggak bisa dipukul rata, tapi mungkin bisa dijadikan gambaran dan referensi bagi rider NVL lainnya.

Semoga bermanfaat. [Sangat tidak dianjurkan untuk ngetes sendiri di jalan. BAHAYA !!!!]

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 27/04/2013, in Motorcycle and tagged , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. mantab tenan nih analisanya
    good job bro

  2. Mantap nvl

  3. Terlihat di tabel, bahwa akselerasi maksimum bukan di putaaran bawah, akan tetapi di putaran menengah saat kecepatan 91-102.. itu mksdnya putaran apa bro? pean tdak mncamtumkan putaran mesin tp speed motor, itu juga tdak di infokan pada gear berapa? ap pngukuran dilakukan statis, mulai dari 0 km/jam smpe top speed cm mggunakan gigi 5? jika dilakukan dijalan brarti anda mengasumsikan gear sifhting selalu perfect pada rpm yang direkomendasikan? dan brpakah angka rpm itu? dan akselerasi di speed 91-102 itu trjadi pada gear brp? tp emg bnr vixion itu mnrt saya hi-rev engine, mksdnya hi-rev untuk dirinya sndiri krna saya mrsakan putaran mesin vixion cukup mudah mncapai limitnya dbandingkan mesin motor lain…

    • maksudnya putaran mesin. kalo diliat dari pencapaian topspeed max di jalan (131 kpj) dan dibandingkan dengan pencapaian topspeed saat di-dyno (sekitar 134 kpj), dengan mempertimbangkan koefisien drag (hambatan angin), ane rasa shifting gear-nya dah mendekati sempurna (rider jago drag).
      btw makasih dah mampir di warung ane.

  4. istimewa, ngebut 😀

  5. itu bukan video sy masbro cuma nemu di youtube :mrgreen:

    tapi kalo menganalisa akselerasi dilihat dari video itu sepertinya kurang pas, karena yg punya video cuma mau ngetes sampai mana batas topspeed motornya saja
    itu bisa dilihat saat dia menaikan gigi 5 yg terlalu cepat supaya bisa megang kamera di tangan kirinya akibatnya untuk dapat 131km/j jadi lama

  6. Mantapp nich mas…

  7. Joss tenan.ingat bujangan dulu punya rx king 97.155 kpj masih pengen lebih kenceng lagi.di oprek lagi.nambah kenceng lagi.skrg udh punya anak istri cukup mio soul dan shogun sp.terahir punya rx king thn 2004.dilego 2010.udah nggak boleh betot2 gas.

    • btw emangnya mio soul ama shogun sp kalo nggak dibetot gas nya apa bisa jalan? tetep aje yang namanya rider biar dikasi motor kecil juga maunya kenceng. Tapi emang sekarang harus lebih ati2, karena banyak orang yang naek motor/mobilnya nggak pake tata-krama, mana jalanan banyak jebakannya, paraah

  8. always vixion

    sy punya NVL 2013.. begitu sy tes tarikanya luar biasa sampai ban depan terangkat.. NVL memang hebat.. mesin 4tak tapi akselerasi seperti 2tak..

  9. Nvl pk iridium,ECU I-Max jos gandozzzzz

  10. kalau misalkan biar Perfect Shift
    pegantian Gear d RPM brapa bro??

    9000 atau 10000??

    • (Menurut ane) karena NVL memiliki Torsi Maksimum 13,1 Nm di 7.500 rpm, maka shifting yg paling ok di rpm 8000. Jadi ketika ngopling, rpm akan drop, jika shifting sangat cepat maka mesin tdk kehilangan torsi maksnya, sehingga akselerasi masih nendang.
      mudah2an ada pirsawan yang mantan dragster yang mau mengoreksi atau menambahkan.

  11. Top speed new vixion edisi m0t0 gp gua cuma nyampex 120 kpj d0anx,,masa kalah am supra X 125 om gue top speed nya hampir nyampex 125 kpj

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Safety Riding | Touring

Jagat Motor

Info Terkini dan Opini Seputar Dunia Otomotif Indonesia

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog Otomotif | Motor | Mobil | MotoGP

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

rideralam.com

an auto-sport blog

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

the motorbike goes by skill or you get killed

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor dah Itu Aja

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

The Green Blog

Motorcycle

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: