[DIY] CS1 penceng, lurusin aja..gampang kok


Diawal hunting motor harian tahun 2009, banding-bandingin antara satria fu, mx ama cs1, akhirnya pilihan jatuh pada cs1. Meskipun dah tau kalo ban belakang ada yang penceng/mungkin gak semua.

Sampe rumah langsung periksa, emang penceng, mikir-mikir ngapa bisa penceng ya…, masa salah pabrik…. Ya udah betulin aja pake cara paling gampang/murmer, tapi sebelum dibetulin pastikan kalo ban belakang emang penceng, dengan cara :

  • Tegakkan motor/benar-benar tegak, kalo perlu pake benang dan bandul, kaya tukang bangunan. Periksa ketinggian swing-arm kanan dan kiri sama gak? kalo gak sama berarti arm juga perlu dibetulin, kalo gak lanjut ke tahap berikutnya,
  • Periksa kelurusan ban depan dan belakang, dikeker ato pake garis pada tegel keramik ato pake penggaris alumunium panjang pipa kotak, kalo lurus berarti body belakang yang eror ato hanya spakbor blakang yang menceng.
  • kalo cuma spakbor, tinggal dikendorin baut deket mata kucing, lurusin dan kencengin. kalo bodi belakang yang penceng ya terpaksa dipres dikit.
  • Nah kalo ban depan dan belakang ga segaris/ini yang dialami motor ane, berarti arm-body-spakbor ok, dan ban beserta arm terlalu kekiri. Bisa diperiksa dengan indikasi  kerenggangan antara per monosok ke sasis kanan-kiri gak sama/ lebaran yang kanan.

Kekananin aja… ini langkah-langkahnya :

1. Ukur berapa mm  ke tidak senteran roda belakang dengan ban depan

2. Buka mur as roda belakang, rasakan akan ada clearence kira sebesar 2,5-3 mm. Lepas as roda dan beri ganjal ring setebal 2,5 – 3mm pada clearence bagian kiri, sehingga roda belakan akan bergeser sejauh 2,5 – 3 mm ke kanan. Jika ingin lebih oke, tidak usah diganjal ring, tapi bos roda kiri/part no.5/collar, diganti dengan bos roda punya grand/suprax 125 yang lebih tinggi kira2 2,5 – 3 mm.

3. Jika belon senter juga, bongkar plastik tutup kiri kanan (yang seperti deltabox), Buka footstep kanan dan kiri, dan buka mur as arm. dan coba gerakkan arm ke kanan dan ke kiri,akan terasa ada clearence kira2 2mm.  Ganjal dengan ring setebal 2 mm, pada clearence bagian kanan/yang dilingkari hijau, sehingga arm akan bergeser ke kanan. Sekarang total pergeseran roda ke kanan kira2 4,4 – 5 mm, insyaallah roda akan terlihat lebih center dengan tail ligh ataupun spakbor belakang (centre).


4. Jika kasusnya kaya motor ane, jelas masih kurang geser ke kanan,  akhirnya korbanin bos tempat as arm bagian kiri/lingkaran merah, yang ada di sasis, supaya swing arm bisa digeser ke kanan. Bos arm sasis kalo ane ukur terlalu ke kiri sekitar 4 mm, babat pake gerinda tangan (kalo mau lebih bagus di gergaji pelan2), terus ring yang sebelumnya terpasang di bos arm pada langkah 3 ane ganti ama yang lebih tebal/kira-kira 6 mm, ato secukupnya sampe gak ada celah. Pasang lagi beres, sekarang alkhamdulillah dah bener-bener center.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 31/10/2011, in Motorcycle and tagged , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

  1. mantap, nais inpo nihhh 🙂

  2. hendro williams

    Kalo cara mudah bikin center arm ori cs1 dgn cara diganti swg armnya bagusnya pake apa ya ?
    Trus as sok dpan ori cs1 kan diamtrnya 26mm, nah mau bikin tinggi pake as win100 diamtr 27mm bisa masok gak ya ?

  1. Ping-balik: [DIY] Modif Ringan New Vixion Buat Rider dengan Tinggi 165cm, Lebih Nyaman | the motorbike goes by skill or you get killed

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Review Motor | Touring

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog MotoGP | Sepeda Motor | Otomotif

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

MOTOGOKIL

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

MOTORUPDATE.NET

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: