[DIY] Bongkar Mesin Honda Grand


bongkar head silinder full

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan.

Dah banyak yang ngomongin motor-motor terbaru, beserta kelebihannya, tapi masih banyak yang pake bebek bahkan yang dah uzur. Oleh karena itu ane mau coba bahas apa yang beberpa kali ane kerjain yaitu bongkar pasang mesin honda grand. Mungkin dah banyak juga yang bahas, tapi dari pada gak nemu-nemu dimana kemaren dibuka, mudah-mudahan artikel ini bisa bantu.

Ada beberapa tahap yang dilakukan sebelum bongkar mesin :

  • motor kalo bisa punya sendiri dan ada motor cadangan,
  • alat-alat memadai, kunci, wadah
  • terlindung dari tangan jahil anak-anak kecil,
  • sediain sperpart yang kita perkirakan harus diganti, misalnya ;  sealer, seal klep, obat skur klep, oli baru, bensin buat cuci-cuci, sabun colek buat cuci tangan dan lain
  • buat motor yang masih ada fairingnya, ya dicopotin dulu, ati-ati jangan sampe ada lidah yang putus, mur yang hilang dll
Langkah 1 : bongkar/copot bagian yang melekat pada mesin, footstep depan, busi, knalpot, karbu dan dudukan firing
untuk knalpot baut di footstep blakang dilepas duluan, baru baut di head. untuk yang head mesin harus dingin. Nyopotin kenalpotnya agak susah, harus bermanuver karena dibatasi oleh pedal rem blakang.
untuk karbu, kendorkan dulu klem yang menghubungkan karbu dgn box filter-dorong filter ke depan sampe copot dari karbu, geser clip diselang bensin dekat kran bensin, copot selang besin sumpel dengan obeng, copot throttle dengan memutar2 kekiri sampe lepas-tarik ke atas perlahan. Terahir lepas baut yang menghubungkan karbu dengan manifold/leher-angsa, karbu dah copot, hati dengan sil karbu.
Langkah 2 : Copot Head
Sebelum mencopot head, buka tutup magnet dan lobang intip top-putar  magnet ke kiri untuk mencari posisi top piston,
tanda TOP
Kemudian lepas tutup timing gir dengan melepas bautnya yang ada di sebelah kanan head, tampak pada gambar di bawah ini
tutup timing gir
lepaskan tutup timing gir di sebelah kiri ,
buka tutup timing gir
lepas 2 baut pengikat gir timing dengan noken-as, kemudian lepaskan gir dari rante kamprat. Kalo perlu keluarkan oli mesin dan kalo perlu lepas/kendorkan baut pembuangan oli tensioner, crankcase kiri bawah,  agar rante keteng kendor.
3 copot 2 baut timing gear
lepas 1 baut pengikat head dengan blok-di kiri, lepas 4 mur beserta ringnya pada head, ati ada ring tembaga untuk bagian jalur oli.
lepas mur head
Dah head bias dicopot dengan sedikit mencongkel pake obeng/biasanya kalo baru sekali dibongkar suka keras.
copot head
Langkah 3 : copot blok silinder mesin
Lepas baut yang mengikat blok dengan crankcase, lepas baut pengikat roller tensioner-lepas tensioner.
copot cam chain guide
Blok dah bisa dicopot dengan sedikit mencongkel dengan obeng.
copot silinder
Langkah 4 : Melepas piston, kalo diperlukan
lepas 1 ring-klip pengganjal pen piston, dorong pen keluar, dan piston dah copot dari stangnya.
copot clip pen piston
Semoga berguna mohon ma’af kalo ada salahnya, bagi para suhu bengkeler mohon koreksinya demi pencerdasan otomotif kita.

About motogokil

I'm a biker and a lecturer, want to study and share about all of motorcycle.

Posted on 28/10/2011, in Motorcycle and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 39 Komentar.

  1. siph! seneng aku iki! 😉

    #berani nech di adu ilmu mretheli nya jozz lagh! :mrgreen:

  2. gambare ora jelas, di gnti foto asli wae

  3. sip mas….lanjutkan sharing ilmunya 😀

  4. bos bahas Water Injection… tapi nek iso di pasang neng honda grand… aku nyari untuk honda grand masih sulit…

  5. bagaimana cara membongkar gear boxya sekalian kl yg diatas hanya dapur pacunya saja

  6. klo tuk tambah tenaga gimana bos

    • di bore-up bro. Kalo mau tetep aman ya pake piston jupiter
      kalo mau lebih ekstrim pake piston kaze, geser pengapian pulser digeser maju sedikit 0,5 mm (pengapian maju karena sekarang kompresi dah naik, perlu diukur pake buret untuk menentukan kompresi yang diinginkan). Geser pengapian juga bisa denga sedikit mencoak spi magnet-nya.

      • tolong gambarnya boz biar jelas,bagian mana yg dimajukan n coakannya digeser kemana jd tahu perbedaannya

        • kalo ingin majuin pengapian lewat coak dudukan pulser; putaran magnet ke kiri, perbesar lubang baut pulser sebelah kiri, sehingga pulser bisa digeser ke kanan, 1 mm = 1 derajad, 5 mm = 5 derajad,
          kalo coak sp magnet; coba copot magnet pake treker, di as bandulnya ada coakan yang berisi spi magnet berbentuk bulan-separuh, coak bagian kanannya sehingga magnet bisa digeser ke kiri. [catatan: spi magnet ori disimpan, yg dicoak spi kw aja]. Coakan 1 mm = (kira2) maju 5 derajad.

  7. Brooo,,habis aku bongkar semua mesin gran,masuk gigi tiganya kok sendat sendat,kayaknya gigi didalam mesin bunyi,apa kira” salah pasang yo,,,,bls

  8. om kalo astrea star di ganti seher grand komplit sm bloknya ,,ga pa2kan , ga ada rubahan lg kan,,,, 1 lg nyari posisi top kalo klep isap apa buang yg gerak duluan

    • Star sama grand sepertinya sama persis engine nya. Mungkin bedanya pada honda grand ada sistem dekompresi
      Posisi Top ada 2, saat langkah kompresi dan langkah buang.
      Nyari posisi top, biasanya untuk setting celah klep. Adalah ketika tanda T pas di coakan lobang intip dan noken-as bisa bebas digoyang” (tidak sedang menekan per-klep)
      Jadi setelah piston di top dan kemudian turun sedikit, maka klep out hampir nutup sempurna dan klep ini mulai terbuka sedikit.

  9. maaf pak saya masih awam
    saya punya motor astrea grand udah 6thn ngak nyala sekarang mau coba di nyalain tapi kick stater nya udah macet
    apa yang harus di benerin? apa harus turun mesin dan bagian mana yang harus di perbaiki?
    saya pengen nyoba bongkar sendiri hihihihi

    • kalo kickstater nya macet, jangan2 per kick staternya patah terus ngganjel
      memang mending turun mesin saja, kalau grand mah gampang, motor sejuta umat, bongkar sendiri boleh asal ada kunci2nya yang lengkap
      dan kalau bermasalah, serahkan saja ke mekanik bengkel pinggir jalan, banyak yang bisa

      • oke terima kasih pak
        cuma masih penasaran aja kenapa setiap motor yang udah lama ngak di nyalakan kick stater nya macet apa semua nya sama permasalahan nya di per?

        masih pengen bongkar sendiri pak
        kunci sih lengkap cuma bingung nya saya mesti mulai bongkar dari mana?

        • mulai dari kpela seilinder, bak kopling kanan kiri

          • oke pak
            besok saya mulai bongkar dengan panduan artikel bapak ini
            do’a kan saya semoga berhasil
            hahhaa

            terima kasih banyak pak

          • semoga lancar ya
            kalau perlu setiap tahab di-foto
            sekedar untuk mengingat-ingat

          • pak kok yang di bawah ngak bisa balas lagi ya?

            saya dapat kendala di tahap nomor 2 pak putar magnet cari posisi top magnet nya ngak bisa di putar pak sudah keras bagaimana mencari posisi nya

          • wah jangan2 piston dan silindernya sudah ceket nempel karena karat. Langsung bongkar saja kepala silindernya

        • pak ini kepala selinder nya sudah saya lepas
          tp blok pispon nya ngk bs lepas udh item lengket
          solusi lepasin nya gmna pak?

          • Di bagian bawah blok silinder nya di tatah/pahat dalam rangka mencongkel. Sebelumnya coba yg ceket disemprotkan penetrant wd40 atau lainnya.

        • terima kasih pak sudah terlepas piston nya dan sudah bisa di slah kick stater nya setelah saya wd dan tingalin 2jam hahaha

          skrng proses pembersihan nya saja sama pemasangan kembali
          mau nanya lagi pak pas pemasangan kembali saya harus beli lagi paking nya ini sudah ada yang almunium nya apa beli yang karet nya gtu?

  10. Bang bisa ada referensi tempat nyari rangka/ frame gran gak punya gua patah diatas blok mesinnya

  11. Moha mf ms sebelume…sya punya motor jaman du kl orng sini nyebut nya motor minti.. saya kmaren bongkar tp mw ngrakit lg lupa tempat2 mhon d bri tahu ato d kasih skemanya byar saya bisa ngrakit lg…trimakasih

  12. Gan kira2 biaya abîs berapa ya..

  13. Nah ilmu manfaat…..

  14. Bagaimana cara mengatasi motor boros bbm padahal sudah di seting karbunya.

  1. Ping-balik: [DIY] Membongkar Gearbox Honda Grand Bagian Kiri (Magnet) | motorgoodness

  2. Ping-balik: [DIY] Lebih Rinci dan Mudah Ganti Rante Mesin (Kamprat) Bebek (Honda C100) | motorgoodness

Kita semua bersaudara, marilah saling menghargai dalam berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

atasaspal

motorcycle news, reviews and hot roumors

Gearbalap

MotoGP News And All About Motorcycle...

ElangJalanan.NET

Blog Otomotif | Safety Riding | Touring

Jagat Motor

Info Terkini dan Opini Seputar Dunia Otomotif Indonesia

All About Motorcycle

MOTORCYCLE IS YOUR FAITHFUL TRAVEL COMPANION

otomaniaid.com/

Berita Balap dan Otomotif Terkini

antimotoads

Katakan kebenaran meskipun pahit

ridertua.com

Blog Otomotif | Motor | Mobil | MotoGP

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

rideralam.com

an auto-sport blog

INDORIDE.COM

Two Wheels Enthusiast | Riding story | Review

the motorbike goes by skill or you get killed

Orang Biasa Al Faqir yang Suka Naik Motor

Arena Sepeda Motor

Balap motogp dan teknologi otomotif

nmax155

nmax155

Pak AR ex-guru Fisika

Fisika itu Tafsir Kauniyah

JUSASPAL

blog seputar motor dan sayup cerita kehidupan motor tanah air

mystogun16

Not the fastest, but only THE BEST will be POSTED

The Green Blog

Motorcycle

wonglawang's Blog

Tulisan ngawur tapi tidak awur2an dan jangan lupa ambil ilmunya Bro

ulidblog.com

Terus Belajar Menulis...!

PBB_online

Sagulung Sagalang Salilana

cicakompong

Bismillah....

Aa Ikhwan Blog

Berjalan Dari Satu Takdir Menuju Takdir Lain

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

CS12A1RR

My CiS1 My Ride

infomotorku

Blog & Media Sharing Informasi Hangat Seputar Dunia Otomotif Indonesia

%d blogger menyukai ini: